PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING IDENTIFIKASI CAPUNG PADA LINGKUNGAN SMAN 1 BENGKULU TENGA

Fitria, Mulfiani and Abas, Abas and Neni, Murniati (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING IDENTIFIKASI CAPUNG PADA LINGKUNGAN SMAN 1 BENGKULU TENGA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi mulfiani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD Identifikasi Capung pada Lingkungan Sekolah SMAN 1 Bengkulu Tengah dengan berbasis Contextual Teaching and Learning, kemudian diaplikasikan kedalam LKPD Keanekaragaman Jenis Capung. Jenis penelitian yaitu penelitian dengan menggunakan pengembangan 4D yaitu Define (tahap pendefinisian), Design (tahap perancangan), Develop (tahap pengembangan) dan Disseminate (tahap penyebaran). Namun Disseminate (tahap penyebaran) tidak dilakukan karena penelitian ini hanya sampai mengembangakan atau pada tahap Develop (tahap pengembangan). Pengambilan sampel dilakukan di Lingkungan Sekolah SMAN 1 Bengkulu Tengah. Uji kelayakan buku saku dilakukan oleh tiga orang validator, yati validator ahli materi, ahli media, dan praktisi. Data kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan sebanyak 11 spesies Capung dengan 3 Famili. Spesies Capung yang paling banyak ditemukan dari famili Libellulidae sebanyak 8 spesies (Neurothemis terminate, Paragomphus congener, Diplacodes trivialis, Orthetrum testaceum, Paraghompus lineatus, Neurothemis iintermedia, Crocothemis servilia, Hydrobasileus croceus). Kemudian famili Gomphidae sebanyak 2 spesies (Paragomphus lineatus dan Onychogomphus forcipatus) dan famili Coenagrionoidea 1 Spesies (Coenagrionidae glabrium). Validasi LKPD yang di lakukan oleh validator diperoleh presentase ahli materi (89,5%), ahli media (96,2%), dan ahli Praktisi (87,5%) hasil tersebut dikategorikan sangat layak. Peneliti hanya meneliti hingga uji validasi saja, penelitian ini dapat di jadikan acuan untuk selanjutnya dapat di uji cobakan. Kata Kunci : Capung, Lingkungan Sekolah, LKPD, Pembelajaran CT

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:13
Last Modified: 23 Apr 2024 04:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17865

Actions (login required)

View Item View Item