PENGARUH KEPEMILIKAN PEMERINTAH, PROFITABILITAS DAN PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

Merdeka Putri, Peggy and Nikmah, Nikmah and Saiful, Saiful (2021) PENGARUH KEPEMILIKAN PEMERINTAH, PROFITABILITAS DAN PENGHINDARAN PAJAK TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemilikan pemerintah, profitabilitas, dan penghindaran pajak terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Kepemilikan pemerintah diukur dengan jumlah saham pemerintah terhadap total saham beredar. Profitabilitas diukur dengan laba bersih terhadap total aktiva. Penghindaran pajak diukur dengan kas yang dibayarkan untuk pajak terhadap laba sebelum pajak. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan BUMN non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan dan laporan keuangan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia dan website masing-masing perusahaan. Teknik pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Terdapat 55 observasi yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan pendekatan multiple least square dengan software SPSS V.23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penghindaran pajak tidak berpengaruh terhhadap pengungkapan tanggung jawab sosial, sedangkan kepemilikan pemerintah dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan informasi teoritis mengenai teori yang digunakan yaitu stakeholder dan legitimasi, dijadikan sebagai literatur untuk penelitian yang akan datang, dan memberikan gambaran ataupun menjadi kajian bagi para pengguna laporan keuangan terutama investor untuk pertimbangan dalam berinvestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:21
Last Modified: 24 Apr 2024 02:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17868

Actions (login required)

View Item View Item