PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERORIENTASI MODEL ARCS PADA KONSEP ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK SISWA SMA

Panoreka, Della and Sutarno, Sutarno and Eko, Risdianto (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERORIENTASI MODEL ARCS PADA KONSEP ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE UNTUK SISWA SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI DELLA PANOREKA (A1E017013) FIKS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan produk, mengetahui kelayakan dan karakteristik e-modul fisika berorientasi model ARCS pada konsep elastisitas dan hukum Hooke untuk siswa SMA. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang dibatasai sampai tahap 3D yaitu define, design, dan develop. E-modul dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dengan bantuan aplikasi Flip PDF Professional. Dengan adanya E-modul ini diharapkan dapat mendorong motivasi dan pemahaman konsep siswa khususnya pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Tahap define terdiri dari merancangan instrumen untuk define, analisis dokumen RPP, analisis dokumen modul dan analisis kebutuhan pengembangan. Tahap design terdiri dari rancangan e-modul dan rancangan instrumen untuk mengevaluasi e-modul. Tahap develop terdiri dari validasi ahli dan uji keterbacaan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh persentase skor keseluruhan sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji keterbacaan produk, diperoleh persentase skor keseluruhan sebesar 90,7% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah “sangat layak” untuk dilanjutkan untuk digunakan pada uji coba lapangan. Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, E-modul, ARCS, Elastisitas dan Hukum Hooke, Flip PDF Professional

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:30
Last Modified: 25 Apr 2024 04:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17873

Actions (login required)

View Item View Item