ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH ERA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN BENGKULU TENGAH

Furqon, Fajri and Ahmad, Syarkowi and Andik, Purwanto (2022) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH ERA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Fajri full, cek plagiarisme.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pendidikan pada masa Pandemi Covid-19 yang berlangsung tanpa tatap muka di kelas atau dilakukan dengan pembelajaran jarak jauh. Melihat hal tersebut, peneliti ingin menampilkan informasi untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan survei yang mana memberikan lembar angket secara langsung kepada siswa sebagai responden dan juga melalui google form. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN Bengkulu Tengah. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini berasal dari Palmer (2009), peneliti mengambil data awal sebanyak 58 siswa. Dalam uji instrumen menggunakan permodelan rasch, dapat memperhatikan nilai Cronbach alpha (Kr-20). Terungkap kualitas person dan item secara keseluruhan berada pada nilai ideal, dari data kepentingan, data kepuasan-kepentingan, dan data tingkat persetujuan dengan nilainya >80. Data siswa yang berhasil didapatkan datanya sebanyak 222 responden, yakni sebanyak 74 laki-laki dan 148 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan sebanyak 54,1 % siswa menunjukkan bahwa mereka secara umum puas dengan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan daring/online pada mata pelajaran fisika. Kata kunci : Kepuasan Siswa, PJJ, Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:10
Last Modified: 25 Apr 2024 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17874

Actions (login required)

View Item View Item