ANALISIS PENGARUH ANGKA PARTISIPASI KASAR, ANGKA HARAPAN HIDUP, DAN ANGGARAN PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BENGKULU

Negoro, Adi and Hutapia, Irwansyah and Aris, Halimatusyadiah (2021) ANALISIS PENGARUH ANGKA PARTISIPASI KASAR, ANGKA HARAPAN HIDUP, DAN ANGGARAN PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ADI OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tingkat pendidikan dan kesehatan merupakan faktor dominan yang perlu mendapat prioritas utama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hal ini disebabkan karena tingkat pendidikan dan kesehatan penduduk yang tinggi akan menentukan kemampuan untuk menyerap dan mengelola sumber-sumber pertumbuhan ekonomi dengan lebih baik. Di Provinsi Bengkulu kenaikan indikator pendidikan dan kesehatan ini yang diwakili oleh Angka Partisipasi Kasar, Angka Harapan hidup, dan Anggaran pendidikan ternyata tidak diikuti dengan kenaikan pertumbuhan ekonomi Provinsi Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh angka partisipasi kasar, angka harapan hidup, dan anggaran pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada periode 2015 hingga 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan alat bantu program Eviews 9.0. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series tahunan Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu periode 2015-2019 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik dan Neraca Pendidikan Daerah. Hasil analisis data dengan menggunakan α = 5% menunjukkan bahwa secara simultan Angka Partisipasi Kasar, Angka Harapan Hidup, dan Anggaran Pendidikan berpengaruh dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Secara parsial menyatakan bahwa Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Anggaran Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan Angka Harapan Hidup berpengaruh negatif dan signifikan Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 20 May 2024 05:31
Last Modified: 20 May 2024 05:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17881

Actions (login required)

View Item View Item