KEBERADAAN EKOSISTEM HUTAN MANGROVE DALAM MENUNJANG EKONOMI MASYARAKAT DI KAMPUNG NELAYAN SEJAHTERA KELURAHAN SUMBER JAYA KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU

Acok, Ambok and Handoko, Irwansyah and Antoni, Halimatusyadiah (2021) KEBERADAAN EKOSISTEM HUTAN MANGROVE DALAM MENUNJANG EKONOMI MASYARAKAT DI KAMPUNG NELAYAN SEJAHTERA KELURAHAN SUMBER JAYA KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Ambok Acok wisudasiap aminnn.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Hutan mangrove memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat terutama masyarakat yang berada di sekitar hutan mangrove tersebut. Salah satu peranannya yaitu sebagai sumber mata pencaharian bagi masyarakat, karena dapat menghasilkan berbagai produk bernilai ekonomi terutama sebagai penghasil produk kayu, ikan, kerang, kepiting dan lain-lain serta dapat dijadikan sebagai wahana rekreasi dan wisata alam maupun pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi pemanfaatan ekosistem hutan mangrove di Kampung Nelayan Sejahtera Kota Bengkulu dan menganalisis persepsi dan partisipasi masyarakat Kampung Nelayan Sejahtera tentang pengelolaan mangrove di Kampung Nelayan Sejahtera Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara langsung ke masyarakat di Kampung Nelayan. Data Sekunder diperoleh dari Dinas Pariwisata dan Dinas Kelautan dan Perikanan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif Persepsi masyarakat Kampung Nelayan Sejahtera Kota Bengkulu terhadap keberadaan hutan mangrove di sekitar tempat tinggalnya berada pada kategori baik. Hasil ini memberi gambaran bahwa masyarakat telah mengetahui pentingnya keberadaan hutan mangrove untuk pelestarian ekosistem di lingkungannya. Partispasi masyarakat Kampung Nelayan Sejahtera Kota Bengkulu terhadap keberadaan hutan mangrove di sekitar tempat tinggalnya berada pada kategori baik. Hasil ini memberi gambaran bahwa masyarakat telah berpartisipasi dalam pengelolaan mangrove untuk pelestarian ekosistem di lingkungannya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 25 Apr 2024 09:07
Last Modified: 25 Apr 2024 09:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17882

Actions (login required)

View Item View Item