PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI SISTEM KOORDINASI SMA KELAS XI BERDASARKAN HASIL EKSPERIMEN EKSTRAK NANGKA KUNING (Tylophora villosa) MENDETOKSIFIKASI PARAQUAT PADA Mus musculus

Setiawati, Ika Ayu and Aceng, Ruyani and Irwandi, Ansori (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI SISTEM KOORDINASI SMA KELAS XI BERDASARKAN HASIL EKSPERIMEN EKSTRAK NANGKA KUNING (Tylophora villosa) MENDETOKSIFIKASI PARAQUAT PADA Mus musculus. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI UTK PERPUS UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ekstrak Nangka Kuning (Tylophora villosa) dalam mendetoksifikasi paraquat dan menghasilkan E-modul Pembelajaran Toksisitas Paraquat Pada Sistem Saraf Yang Didetoksifikasi Dengan Ekstrak Nangka Kuning (Tylophora villosa). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahap, pada penelitian ini hanya dilakukan sampai 5 tahap yaitu (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi desain. Uji kelayakan e-modul dilakukan oleh tiga validator yaitu ahli materi, ahli media, dan praktisi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pemberian paraquat nyata memberikan pengaruh toksik, dilihat dari penurunan kemampuan uji panggung M. musculus, dan Pemberian ekstrak T. villosa dosis 55 mg/kgbb dan dosis 110 mg/kgbb nyata memberikan pemulihan terhadap toksisitas paraquat mendekati kontrol (diberikan aquades). Dari hasil penelitian yang diperoleh ekstrak T. villosa dosis 55 mg/kgbb yang paling efektif memberikan pemulihan terhadap toksisitas paraquat mendekati kontrol. Berdasarkan hasil validasi E-modul oleh tiga validator mendapatkan skor persentase dari ahli materi 96,42%, ahli media 91,66%, dan ahli praktisi 96.42%. Dengan demikian hasil validasi E- modul sistem koordinasi dinyatakan valid dan dapat dilanjutkan dengan uji coba ke siswa dalam proses pembelajaran dengan revisi. Kata kunci : Detoksifikasi, Paraquat, T. villosa, Toksisitas, E-modul.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 07 May 2024 06:35
Last Modified: 07 May 2024 06:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17885

Actions (login required)

View Item View Item