Zhafirah, Inas and Eko, Risdianto and Sutarno, Sutarno (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MELATIHKAN LITERASI INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) SISWA SMA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI INAS ZHAFIRAH (A1E017045).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan media powerpoint interaktif berbasis android untuk melatihkan literasi ICT siswa SMA pada materi gelombang cahaya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan development. Pada tahap define dilakukan studi literatur, perancangan instrumen untuk tahap define, analisis RPP, analisis media pembelajaran powerpoint, dan analisis kebutuhan awal pengembangan. Tahap design terdiri dari rancangan desain media interaktif dan rancangan instrumen untuk mengevaluasi media interaktif. Tahap development terdiri d a r i pengembangan instrumen untuk mengevaluasi media interaktif, validasi ahli terhadap produk serta revisi berdasarkan hasil validasi ahli dan uji keterbacaan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli pada 8 aspek media interaktif diperoleh ; 1 ) persentase skor rata-rata pada aspek isi/materi adalah 84,37% dengan interpretasi sangat layak, 2) aspek interaksi pengguna sebesar 87,50% dengan interpretasi sangat layak, 3) aspek individual/mandiri sebesar 100% dengan interpretasi sangat layak, 4) aspek umpan balik sebesar 87,50% dengan interpretasi sangat layak, 5) aspek tipografi sebesar 75% dengan interpretasi layak, 6) aspek layout sebesar 81,25% dengan interpretasi sangat layak, 7) aspek bahasa sebesar 84,37% dengan interpretasi sangat layak, dan 8) aspek literasi ict sebesar 85,23% dengan interpretasi sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 84,64% dengan interpretasi sangat layak. Berdasarkan hasil uji keterbacaan produk oleh guru dan siswa pada 7 aspek yaitu; 1) aspek isi/materi, 2) aspek interaksi pengguna, 3) aspek individual/mandiri, 4) aspek umpan balik, 5) aspek tipografi, 6) aspek layout, dan 7) aspek bahasa diperoleh persentase keseluruhan skor rata-rata oleh guru sebesar 93,75% dengan interpretasi sangat layak dan oleh siswa sebesar 85,25% dengan interpretasi sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media interaktif yang dikembangkan “sangat layak” untuk dilanjutkan pada tahap uji coba lapangan. Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Powerpoint, Media Interaktif, Literasi ICT, Gelombang Cahaya
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:35 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:35 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17890 |
Actions (login required)
View Item |