Mikail Akbar, Ahmad and Rina, Suthia Hayu and Sularsih, Anggarawati (2021) PENGARUH PERFORMANCE EXPECTANCY, EFFORT EXPECTANCY, SOCIAL INFLUENCE DAN FACILITATING CONDITIONS TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION (Studi pada online thrift shop di Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI - AHMAD MIKAIL AKBAR - Bismillahirrahmanirrahim - CD.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Pertumbuhan tingkat pengguna internet di Indonesia yang terus mengalami peningkatan tiap tahunnya, maka layanan belanja secara online juga mengalami peningkatan mengikuti tumbuhnya minat belanja secara online. Pertumbuhan atau peningkatan jumlah masyarakat dalam menggunakan internet ini banyak di manfaatkan oleh pelaku bisnis untuk membuka usaha salah satunya online shop. Online thrift shop juga bisa dikatakan sebagai sebuah lahan bisnis baru yang berkembang dikalangan generasi muda saat ini. Di Kota Bengkulu sudah terdapat 115 online thrift shop. Pemasaran menggunakan internet sebagai media promosi mengalami peningkatan secara agresif, sehingga mulai menggeser penggunaan media iklan tradisional seperti radio, televisi atau majalah. Fenomena ini dapat dilihat dari maraknya penggunaan media sosial terutama facebook, twitter dan instagram sebagai media pemasaran oleh pelaku bisnis baik itu usaha skala kecil maupun skala besar. Online thrift shop di Kota Bengkulu ini memilih melakukan pemasaran menggunakan pemasaran melalui internet karena keefisienan dan lebih mudah dalam menjaring konsumen serta biaya yang di perlukan jauh lebih murah di bandingkan dengan media lain. Behavioral Intention adalah niat perilaku untuk menggunakan sebuah sistem baru yaitu dompet elektronik dipengaruhi oleh sikap pengguna dan dirasakan kegunaannya oleh yang menggunakannya (Venkatesh et al., 2012). Variabel Performance Expectancy artinya yaitu sejauh mana jika individu memakai sistem, sistem tersebut bisa menaikkan kinerjanya (Venkatesh, et al., 2003). Effort expectancy atau ekspektasi usaha yang merupakan pengunaan teknologi atas dasar kemudahan (Venkatesh et al., 2003). Social Influence yaitu usaha yang dilakukkan seseorang untuk mengubah suatu persepsi dan tingkah laku seseorang (Venkatesh, et al., 2003). Facilitating condition (kondisi yang memfasilitasi) diartikan sebagai persepsi seseorang terhadap infrastruktur, sumber daya, dan teknis untuk penggunaan teknologi (Venkantesh, 2012). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh performance expectancy, effort expectancy, social influence dan facilitating conditions terhadap behavioral intentions konsumen online thrift shop di kota Bengkulu. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen online thrift shop berusia 17 tahun ke atas dan berdomisili di kota bengkulu dengan jumlah 215 responden yang dikumpulkan dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel ditentukan dengan kriteria yang mengacu pada pedoman pengukuran sampel menurut (Ferdinand, 2002, p. 51) yang menggunakan 5 – 10 kali indikator variabel.. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 16.0. Pengujian analisis regresi linear berganda menggunakan empat variabel bebas (independent variable) dan variabel terikat (dependent variable). Dalam penelitian ini ada 4 hipotesis yang di uji, H1 menguji pengaruh performance expectancy terhadap behavioral intentions, H2 menguji pengaruh effort expectancy terhadap behavioral intentions, H3 menguji pengaruh social influence terhadap behavioral intentions dan H4 menguji pengaruh facilitating conditions terhadap behavioral intentions. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) performance expectancy berpengaruh signifikan dan positif terhadap behavioral intentions. Hal ini berarti, jika performance expectancy meningkat, maka behavioral intentions akan meningkat. 2) effort expectancy berpengaruh signifikan dan positif terhadap behavioral intentions. Hal ini berarti, jika effort expectancymeningkat maka behavioral intentions akan mengalami peningkatan juga. (3) social influence berpengaruh signifikan dan positif terhadap behavioral intentions. Hal ini berarti, jika social influence meningkat maka behavioral intentions akan mengalami peningkatan juga. (4) facilitating conditions berpengaruh signifikan dan positif terhadap behavioral intentions. Hal ini berarti, jika facilitating conditions meningkat maka behavioral intentions akan mengalami peningkatan juga. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa semakin tingginya performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions maka akan semakin tinggi pula behavioral intentions online thrift shop di Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi pelaku bisnis online thrift shop untuk selalu menyusun dan memperbaharui strategi pemasaran agar bisa terus bersaing di dunia bisnis online, seperti memasang harga yang wajar, selalu memberikan info terbaru terkait produk thrift shop serta memberikan peIayanan terbaik sehingga pelanggan tidak akan merasa tidak nyaman dan kemudian berniat untuk pindah online shop lain. Oleh karena itu, perlu pemberian edukasi kepada pelaku bisnis untuk mengikuti pendidikan, pelatihan, dan pengembangan diri untuk meningkatkan keinginan untuk melakukan suatu perilaku pada layanan Online Thrift Shop di Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 20 May 2024 05:32 |
Last Modified: | 20 May 2024 05:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17901 |
Actions (login required)
View Item |