PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF PADA PEGAWAI PT. BNI Tbk CABANG UTAMA KOTA BENGKULU

Muhammad Husni, Aziz and Sugeng, Irwansyah and Praningrum, Anggarawati (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF PADA PEGAWAI PT. BNI Tbk CABANG UTAMA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
AZIZ SKRIPSI CETAK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sumber daya manusia memiliki peran utama dan terpenting dalam suatu organisasi. Pengelolaan sumber daya manusia yang baik dan berkelanjutan adalah kunci suksesnya sebuah organisasi dalam mencapai tujuannya. Perilaku kerja inovatif merupakan perilaku kerja individu yang melalui proses pemunculan ide baru untuk menghasilkan, memperkenalkan dan menerapkan ide baru yang bermanfaat bagi pribadi maupun perusahaan. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku kerja inovatif karyawan adalah kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap perilaku kerja inovatif pada karyawan PT BNI Tbk Cabang Bengkulu. 2) Mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap perilaku kerja inovatif pada PT BNI Tbk Cabang Bengkulu. 3) Mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap perilaku kerja inovatif pada karyawan PT BNI Tbk Cabang Bengkulu. Kepemimpinan transformasional adalah suatu keadaan dimana para pengikut dari seorang pemimpin transformasional merasa adanya kepercayaan, kekaguman, kesetiaan, dan hormat terhadap pemimpin tersebut, dan mereka termotivasi untuk melakukan lebih dari pada yang awalnya diharapkan mereka (Bass, 1985). Budaya organisasi adalah pandangan umum seorang pekerja yang diimplementasikan dalam bekerja. Budaya organisasi terdiri dari sikap yang disepakati bersama terhadap pekerjaan, keyakinan bersama bukan tentang tempat kerjanya, tetapi kerja pada umumnya, perilaku dan rutinitas dalam pekerjaan, tradisi dalam bekerja, dan hal-hal yang biasa dilakukan sehari-hari (Lotze,2004). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner secara offline. Penelitian ini melibatkan 92 karyawan PT. Bank Negara Indonesia Tbk Cabang Utama Kota Bengkulu yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan Software Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 16.0. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kerja inovatif PT. Bank Negara Indonesia Tbk Cabang Utama Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,359 dengan sig. 0,000. 2) Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kerja inovatif PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk Cabang Utama Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,229 dengan sig. 0,019.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:12
Last Modified: 29 Apr 2024 02:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17905

Actions (login required)

View Item View Item