PENGARUH STORE ATMOSPHERE, CROWDING PERCEPTION, HEDONIC CONSUMPTION TERHADAP POSITIVE EMOTION YANG BERDAMPAK PADA IMPULSE BUYING (Studi pada retail Juragan Mode Bengkulu)

Aurellia Irawan, Azka and Rina, Suthia Hayu and Seprianti, Eka Putri (2021) PENGARUH STORE ATMOSPHERE, CROWDING PERCEPTION, HEDONIC CONSUMPTION TERHADAP POSITIVE EMOTION YANG BERDAMPAK PADA IMPULSE BUYING (Studi pada retail Juragan Mode Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi - Azka Aurellia Irawan C1B017069-converted (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Prospek bisnis ritel di Indonesia cukup menarik bagi para peritel baru dimana pasar yang ada saat ini cukup potensial. Seiring berjalannya waktu kemunculan perusahaan ritel semakin banyak di Indonesia. Persaingan antar perusahaan ritel di Indonesia yang semakin ketat, mengharuskan para peritel berusaha untuk mempertahankan dan memenangkan persaingan dengan cara memahami perilaku konsumennya. Juragan Mode Bengkulu adalah salah satu ritel produk fashion di Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) store atmosphere berpengaruh positif signifikan terhadap positive emotion (2) crowding perception berpengaruh positif signifikan terhadap positive emotion (3) hedonic consumption berpengaruh positif signifikan terhadap positive emotion (4) positive emotion berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying (5) store atmosphere berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying (6) crowding perception berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying (7) hedonic consumption berpengaruh positif signifikan terhadap impulse buying Menurut Verplanken & Herbi (2001) impulse buying sebagai pembelian yang tidak rasional dan pembelian yang cepat serta tidak direncanakan. Positive emotion didefinisikan sebagai sebuah efek dari mood yang merupakan faktor penting konsumen dalam melakukan pembelian (Park dkk, 2006). Store Atmosphere adalah desain lingkungan melalui komunikasi visual, pencahayaan, warna, musik, dan wangi-wangian untuk merancang respon emosional dan persepsi pelanggan dan untuk mempengaruhi pelanggan dalam membeli barang (Nofiawaty & Yuliandi, 2014). Crowding perception sebagai dampak dari faktor fisik, sosial, dan personal yang disebabkan oleh keterbatasan ruang, seperti banyaknya orang, objek, atau keduanya, yang mengganggu aktivitas individu dalam mencapai tujuan, sehingga mereka merasakan lingkungan tersebut terlalu ramai (Machleit, dkk. 2000). Hedonic consumption berusaha mengeksplorasi kesenangan dan bagaimana konsumen berusaha mengejar sebuah kesenangan (Alba & Elanor, 2012).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:17
Last Modified: 29 Apr 2024 02:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17906

Actions (login required)

View Item View Item