Andito, Ferdi and Seprianti, Eka Putri and Fachri, Eka Saputra (2020) PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, VISUAL COMPLEXITY, PLEASURE & AROUSAL TERHADAP PURCHASE INTENTION MAKANAN PADA IKLAN DI INSTAGRAM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI_FERDI ANDITO_C1B016093.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Iklan makanan di Instagram saat ini sangatlah banyak, ada yang diperankan oleh selebriti pendukung dan ada yang desain visualnya kompleks. Banyak konsumen yang tertarik melihat iklan makanan di Instagram dikarenakan selebriti pendukung dan desain visual yang kompleks. Penelitian ini bertujuan kepada pengguna Instagram yang pernah melihat iklan makanan di Instagram, pengguna Instagram yang pernah membeli makanan di Instagram karena celebrity endorsement, dan pengguna Instagram yang pernah membeli makanan di Instagram karena visual complexity. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Celebrity endorsement berpengaruh terhadap purchase intention, (2) Celebrity endorsement berpengaruh terhadap pleasure & arousal, (3) Visual complexity berpengaruh terhadap pleasure & arousal, (4) Visual complexity berpengaruh terhadap purchase intention, (5) Pleasure & arousal berpengaruh terhadap purchase intention. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang terdapat pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner online dengan cara menyebarkan ke grup media sosial, sehingga mendapatkan informasi dari responden. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Instagram yang pernah melihat iklan makanan di Instagram, pengguna Instagram yang pernah membeli makanan di Instagram karena celebrity endorsement, pengguna Instagram yang pernah membeli makanan di Instagram karena visual complexity, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 180 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan smartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa iklan makanan di Instagram yang diperankan oleh celebrity endorsement cenderung akan meningkatkan purchase intention responden, (2) Celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap pleasure & arousal. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa iklan makanan yang didukung oleh celebrity endorsement dapat meningkatkan pleasure & arousal responden,(3) Visual complexity berpengaruh positif dan signifikan terhadap pleasure & arousal. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa iklan makanan yang visual complexity dapat meningkatkan pleasure & arousal responden, (4) Visual complexity berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa iklan yang memiliki visual complexity lebih tinggi dapat meningkatkan purchase intention responden, (5) Pleasure & arousal berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa saat responden mengalami peningkatan pleasure & arousal, maka purchase intention responden cenderung akan meingkat. Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, beberapa saran yang dapat diberikan adalah penelitian ini masih banyak terdapat tanggapan responden yang tergolong rendah, seperti konstruk celebrity endorsement. Disarankan kepada penelitian selanjutnya untuk mengembangkan variabel lain yang dapat mengukut purchase intention.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 03:02 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 03:02 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17913 |
Actions (login required)
View Item |