ANALISIS FRAMING BERITA PADA MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID (Berita Penangkapan Transgender Millen Cyrus Terkait Pemakaian Narkoba)

Lindra, Jessy Alpa and Mas agus, Firmansyah and Eka, Vuspa Sari (2021) ANALISIS FRAMING BERITA PADA MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID (Berita Penangkapan Transgender Millen Cyrus Terkait Pemakaian Narkoba). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI JESSY ALPA LINDRA D1C017198.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui bagaimana media republika.co.id membingkai 6 berita kasus Penangkapan Transgender Millen Cyrus Terkait Pemakaian Narkoba selama November-Desember tahun 2020 dengan menggunakan metode analisis framing Robert N Entman dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi analisis mendalam dan dokumentasi. Media online republika.co.id menjelaskan mengenai penangkapan seorang transgender yang tersandung kasus narkoba pada tulisan berita yang dimuat dalam media online Republika.co.id. Peneliti menemukan kalimat-kalimat yang menggambarkan bias gender seksual pada setiap berita. Millen Cyrus yang tergambar dalam berita di media online Republika.co.id adalah transgender yang melakukan pelanggaran hukum negara serta norma agama Seleksi isu yang berhubungan dengan pemilihan fakta, faktanya adalah Millen merupakan pemakai narkoba dan millen merupakan seorang lelaki yang berpenampilan wanita dan Penonjolan aspek terdapat yang terdapat pada berita Millen Cyrus dengan pemakaian kata yang sudah baik dan gambar dengan citra tertentu yang ditampilkan di masyarakat/khalayak adalah menggunakan gambar seorang Millen yang dikenal menggunakan dandanan wanita sehingga gambar tersebut layak ditampilkan karena Millen dikenal dengan cara berpenampilannya. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pada pemberitaan kasus penangkapan transgender millen cyrus terkait pemakaian narkoba dengan menggunakan analisis diatas dapat disimpulkan berita-berita tersebut telah memenuhi 4 ndikator model framing Robert N Entman, yaitu Define Problem, Diagnose Causes, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:40
Last Modified: 29 Apr 2024 03:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17921

Actions (login required)

View Item View Item