ANALISIS PENGARUH HALAL AWARENESS, RELIGIOUS BELIEF, ISLAMIC BRAND, SERTIFIKAT HALAL TERHADAP PURCHASE INTENTIONS MAKANAN HALAL PADA MASYARAKAT MUSLIM KOTA BENGKULU (STUDI KASUS PADA FAST FOOD DI KOTA BENGKULU)

Reza, Mohammad and Seprianti, Eka Putri and Fachri, Eka Saputra (2021) ANALISIS PENGARUH HALAL AWARENESS, RELIGIOUS BELIEF, ISLAMIC BRAND, SERTIFIKAT HALAL TERHADAP PURCHASE INTENTIONS MAKANAN HALAL PADA MASYARAKAT MUSLIM KOTA BENGKULU (STUDI KASUS PADA FAST FOOD DI KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Mohammad Reza Pahlevy_C1B016087.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Industri makanan halal mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini didukung dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat dan meningkatnya populasi umat muslim di dunia. Industri halal juga tergolong menjadi kekuatan yang kompetitif dalam perdagangan dunia. Salah satu kontribusi pendapatan industri halal datang dari industri makanan halal dengan total pendapatan US$ 1,5 triliun pada tahun 2019. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi purchase intention (minat beli) seseorang terhadap makanan halal yaitu halal awareness, religious belief, islamic brand, dan sertifikat halal. Dalam penelitian ini memfokuskan objek penelitian pada fast food yang ada di Kota Bengkulu. Purchase intention merupakan sesuatu yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli produk tertentu, serta berapa banyak unit produk yang dibutuhkan pada periode tertentu. Kesadaran halal merupakan tingkat pemahaman umat islam dalam mengetahui isu – isu yang berkaitan dengan konsep halal. Kesadaran halal bisa juga diartikan sebagai pemahaman mengenai mengerti atau tidaknya seorang muslim tentang halal, mengetahui proses yang benar berdasarkan syariat Islam, dan memprioritaskan makanan halal untuk dikonsumsi. religiusitas merupakan suatu sikap atau kesadaran yang muncul yang didasarkan atas keyakinan atau kepercayaan seseorang terhadap suatu agama. Islamic branding dinyatakan sebagai pendekatan brand yang ramah atau sesuai dengan prinsip syariah. Sertifikat halal merupakan sertifikat untuk mendapatkan ijin pencantuman label halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwewenang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat beragama islam yang ada di Kota Bengkulu yang pernah mengkonsumsi fast food. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 218 responden. Analisis dalam penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistic versi 22.0. Penelitian ini menggunakan riset kuantitatifdengan pendekatan deskriptif, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis linear berganda. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis uji f, uji-t, dan uji R2 Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) secara bersama-sama halal awareness, religious belief, islamic brand, dan sertifikat halal mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention makanan halal pada masyarakat muslim di Kota Bengkulu. (2) halal awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat halal awareness seseorang, maka akan semakin tinggi juga tingkat purchase intention mereka terhadap pada makanan halal. (3) Religious belief berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat Religious belief seseorang maka akan semakin meningkat purchase intention makanan halal orang tersebut. (4) Islamic brand berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak simbol-simbol atau hal-hal yang berkaitan dengan islam pada produk makanan halal tersebut, maka akan semakin tinggi minat beli seseorang untuk membeli produk makanan halal. (5) Sertifikat halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hal ini menunjukkan dengan adanya sertifikat halal pada produk makanan halal tersebut, maka akan semakin tinggi minat beli seseorang tersebut untuk membeli makanan halal. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman literatur tentang purchase intention, dan menyarankan kepada pemilik restoran fast food untuk lebih memperhatikan tentang kesadaran halal, brand-brand islam, dan mendapatkan sertifikat halal dari lembaga yang legal atau resmi agar mampu menarik konsumen untuk mengkonsumsi produk yang mereka jual. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji lebih mendalam mengenai purchase intention terhadap makanan halal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:54
Last Modified: 29 Apr 2024 07:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17927

Actions (login required)

View Item View Item