EKONOMI POLITIK MEDIA DALAM PENGEMBANGAN MEDIA CETAK LOKAL

Syamidah, Syamidah and Dhanurseto, Dhanurseto and Yuliati, Yuliati (2022) EKONOMI POLITIK MEDIA DALAM PENGEMBANGAN MEDIA CETAK LOKAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Syamidah (D1C015030)..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Teori ekonomi politik memiliki kekuatan pada tiga hal yaitu berfokus pada bagaimana media dibangun dan dikendalikan, menawarkan penyelidikan empiris mengenai keuangan media, dan mencari hubungan antara proses produksi konten media dan keuangan media (Barant). Peneliti mengambil sampel media cetak harian pagi linggau pos sebagai subjek penelitian, dimana harian pagi linggau pos merupakan media cetak lokal pertama di bumi silampari lubuklinggau.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor yang memperngaruhi perkembangan media dan pemberitaan yang diterbitkan untuk masyarakat luas, khususnya faktor ekonomi politik media atau faktor lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif. Dan teknik pengumpulan data yang di gunakan peneliti adalah dokumentasi dan wawancara. Informan pada penelitian ini adalah staf ahli media cetak linggau pos pada bidangnya, agar mendapat informasi yang diperoleh sesuai dengan yang dibutuhkan peneliti. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan peneliti pada media harian pagi linggau pos terkait "ekonomi politik media dalam pengembangan media cetak lokal". Media massa mengandalkan pendapatannya pada pasar konsumer dan pasar iklan, menyebabkan media massa memiliki ketergantungan terhadap konsumen selaku pembeli produk dan produsen selalu pemasang iklan. Sehingga semakin tinggi ketergantungan terhadap iklan sebagai sumber pendapatan, semakin rendah pula kebebasan media massa dalam menulis konten berita dari kepentingan pengiklan dan bisnis secara umum. Kegiatan ekonomi dan politik media berjalan dengan lancar serta mampu mempertahankan profesionalitas dalam menulis berita. Kegiatan ekonomi media dapat dilihat dari penjualan koran dan pemasukan iklan pada media. Terutama iklan media, peneliti melihat cukup banyak iklan yang muncul di media koran linggau pos, termasuk juga iklan berita yang cukup banyak muncul selama periode penelitian kali ini. Kemudian untuk kegiatan politik nya sendiri, media juga ikut andil dalam penyebaran berita tekait pilkada dan mensosialisasikan pasangan calon dalam pilkada.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:32
Last Modified: 29 Apr 2024 04:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17930

Actions (login required)

View Item View Item