ANALISIS PERAN LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK DALAM PENGASUHAN ANAK DI BIDANG PENDIDIKAN

TANNESA, CARINA PISHEL and Jaya, Putra and Rosi, L Vini Siregar (2021) ANALISIS PERAN LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK DALAM PENGASUHAN ANAK DI BIDANG PENDIDIKAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi carina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Pengasuhan anak di LKSA adalah upaya LKSA untuk memenuhi hak-hak anak selama anak dirawat di dalam LKSA sebagai alternatif pilihan terakhir pengasuhan. Peran LKSA sebagaimana disebutkan dalam Standar Nasional Pengasuhan untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (SNPA) yaitu sebagai orang tua pengganti yang bertanggung jawab untuk memenuhi hak-hak anak selama tinggal di LKSA. Penelitian ini meneliti pengasuhan pendidikan anak dalam LKSA berdasarkan konsep dari pedoman standar pengasuhan anak bidang pendidikan yang terdapat di dalam SNPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran LKSA dalam pengasuhan anak di bidang pendidikan sesuai pedoman yang terdapat di dalam SNPA. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di LKSA Yayasan Bumi Nusantara, Kelurahan Penurunan, Kecamatan Ratu Samban dengan informan berjumlah 25 orang. Hasil penelitian di lapangan berdasarkan indikator-indikator SNPA yaitu : kondisi dan akses terhadap pendidikan; seleksi dan pilihan pendidikan; review perkembangan pendidikan anak; serta keterlibatan orang tua dan keluarga dalam pendidikan anak, dapat disimpulkan bahwa peran LKSA dalam pengasuhan anak bidang pendidikan di LKSA Yayasan Bumi Nusantara sudah berjalan dengan baik dimana LKSA dengan perannya sebagai orang tua pengganti tidak hanya sekedar memberikan pemenuhan hak dalam bentuk materi atau fasilitas, namun juga merawat dengan kasih sayang dan memberikan rasa aman kepada anak serta menjadi tempat diskusi anak mengenai pendidikan mereka; berperan sebagai pembimbing yang mengajari anak dalam belajar; serta menjadi motivator yang memberikan dukungan agar anak terus fokus dalam pendidikan dan memberikan informasi mengenai pendidikan yang dapat diakses anak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:31
Last Modified: 30 Apr 2024 03:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17936

Actions (login required)

View Item View Item