Partisipasi Masyarakat Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kelurahan Bandaratu Kecamatan Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko

Syafitri, Deviana Eka and NH Jaya, Putra and Yessilia, Osira (2021) Partisipasi Masyarakat Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kelurahan Bandaratu Kecamatan Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DEVIANA EKA SYAFITRI 2021-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Covid-19 merupakan virus model baru yang sampai saat ini belum diketahui jenis obat yang dapat menyembuhkan virus tersebut. Penderita Covid-19 secara kasad mata dilingkungan masyarakat tidak diketahui bahwa orang tersebut tidak diketahui terpapar Covid-19 tanpa ada hasil pemeriksaan dari pihak rumah sakit, adapun gejala orang terpapar Covid-19 si penderita bersuhu badan tinggi, hilangnya penciuman, hilangnya indra perasa sehingga orang tersebut perlu diakan penanganan khusus dalam penyembuhan nya dengan kata lain wajib di isolasi. Dari pernyataan diatas diwilayah Kelurahan Bandaratu ditemukan beberapa orang dari hasil pemeriksaan dari rumah sakit positif terpapar Covid-19 sehingga dilakukan isolasi diruang yang telah disediakan oleh pihak rumah sakit selama 14 hari sampai pasien tersebut benar-benar sembuh dan pulih dari virus Covid-19 dan diizinkan pulang kerumahnya. Ada pula upaya dalam pencegahan penyebaran nya yaitu melaksanakan 3M yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Mukomuko seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 1 orang Kasi Kelurahan Bengkulu dan 5 orang Masyarakat Kelurahan Bandaratu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitian yaitu masyarakat berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kelurahan Bandaratu dengan mentaati anjuran Pemerintah Kabupaten Mukomuko yaitu melaksanakan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), tetapi memang ada beberapa orang yang tidak mentaati nya sehingga mendapat teguran dan pihak terkait memberi nasehat dan himbauan tentang bahaya nya virus Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:38
Last Modified: 30 Apr 2024 03:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17937

Actions (login required)

View Item View Item