RESIPROSITAS TRADISI NUNGGUK’I PADA MASYARAKAT DI DESA TALANG JAWA KELURAHAN SIDOREJO KECAMATAN PAGARALAM SELATAN, KOTA PAGARALAM, PROVINSI SUMATERA SELATAN

Kartini, Fenny and Yunilisiah, Yunilisiah and NH Jaya, Putra (2021) RESIPROSITAS TRADISI NUNGGUK’I PADA MASYARAKAT DI DESA TALANG JAWA KELURAHAN SIDOREJO KECAMATAN PAGARALAM SELATAN, KOTA PAGARALAM, PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKIPSI FENNY KARTINI D1A016021.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia memiliki berbagai tradisi yang sangat beranekaragam dan unik, terutama pada masyarakat perdesaan. Kehidupan di perdesaan dikenal sebagai kehidupan yang harmonis, rukun, tentram, dan damai. Masyarakat desa selalu menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya, tolong-menolong, serta kebersamaan. Salah satu tradisi (kebudayaan yang masih ada dan dijalankan oleh masyarakat terutama masyarakat desa yaitu tradisi meyumbang atau masyarakat Besemah menyebutnya Nungguk’i. Nyumbang atau Nungguk’i atau biasa orang suku jawa menyebutnya Rewang merupakan suatu kegiatan yang dilakukan ketika seseorang datang ke tempat orang yang sedang menyelenggarakan hajatan dengan membawa dan memberikan bantuan baik berupa barang atau uang dan tenaga, dalam hajatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses tradisi Nungguk,i yang terjadi di Talang Jawa dan bagaimana masyarakat memepertahankan tradisi Nungguk,i hingga sampai saat ini. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai budaya masyarakat Talang Jawa dalam melaksanakan hajatan yang didalamnya terdapat tradisi Nungguk'i. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif sebagai bagian dari kajian etnografis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan metode observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kategirisasi dan evoluasi data. Dari hasil penelitian lapangan dapat disimpulkan bahwa masyarakat Talang Jawa, kegiatan saling tolong-menolong masih dijalankan dengan baik jika tetangganya sedang dalam kesusahan. Seperti dalam hajatan, masyarakat Talang Jawa yang masih sangat antusias untuk ikut serta dalam tradisi Nungguk'i. Tradisi seperti ini yang memberikan kesadaran masyarakat akan kehidupan yang selalu membantu dan ingin dibantu. Di era modernisasi ini tidak begitu berpengaruh pada masyarakat Talang Jawa untuk menggunakan jasa-jasa yang instant. Kepercayaan seorang pemilik hajantan pada masyarakat Talang Jawa yang masih sangat dijunjung tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:53
Last Modified: 30 Apr 2024 03:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17940

Actions (login required)

View Item View Item