THE EFFECT OF ONLINE ADVERTISING ON PURCHASE INTENTION THROUGH UTILITARIAN AND HEDONIC SHOPPING MOTIVATION : A STUDY BEAUTY CARE IN INDONESIA

Pabeanti, Nur Anisa and Rina, Suthia Hayu and Seprianti, Eka Putri (2021) THE EFFECT OF ONLINE ADVERTISING ON PURCHASE INTENTION THROUGH UTILITARIAN AND HEDONIC SHOPPING MOTIVATION : A STUDY BEAUTY CARE IN INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI FIXX FINAL!!!!-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan Industri kecantikan di indonesia berkembang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir, Nurfadillah (2018). Yasonava Savitri wakil kepala Hi-Tech, properti dan industri konsumen markplus, menyatakan bahwa di tahun 2018, terjadi pertumbuhan keindahan industri kecantikan di indonesia hal ini jauh melebihi pertumbuhan kebanyakan negara di dunia, pertumbuhan tersebut mencapai dua digit 16%. Tentunya hal ini akan berdampak pada semakin ketatnya persaingan bisnis klinik kecantikan nasional mengingat banyaknya pengusaha baru yang membuka bidang usaha serupa di Indonesia, Sukarelawati (2011). Oleh karena itu, semakin ketatnya persaingan industri kecantikan di Indonesia maka diperlukan strategi bisnis dan kreativitas di Indonesia supaya untuk terus eksis hingga beberapa tahun mendatang. Kemajuan teknologi memudahkan bagi para pebisnis untuk semakin eksis di jejaring media sosial. Selain itu, di tengah ketatnya persaingan bisnis, perkembangan teknologi mendorong perusahaan untuk berkreasi dalam beriklan dengan memanfaatkan media sosial. Beriklan di media sosial membutuhkan strategi dan usaha agar memiliki daya tarik secara emosional maupun rasional untuk menumbuhkan minat beli pada pengguna media sosial. Setelah melewati beberapa tahap yang dilakukan, sekarang saatnya bagi pembeli atau konsumen untuk menentukan pengambilan keputusan apakah jadi membeli atau tidak. Niat membeli merupakan sebuah tindakan yang dilakukan oleh konsumen untuk membeli suatu produk. Selain itu, konsumen dapat melakukan evaluasi pilihan dan kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Iklan onlinemempengaruhi niat membeli melalui motivasi berbelanja. Oleh karena itu, peneliti akhirnya tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang “The effect of Online Advertising on Purchase Intention Through Utilitarian and Hedonic Shopping Motivation: A Study Beauty Care in Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data kuantitatif akan dikumpulkan dari masing-masing responden yang dijadikan sumber informasi untuk penelitian. Berdasarkan dimensi waktu, penelitian ini dikategorikan kedalam penelitian cross sectional, yaitu penelitian yang pengambilan datanya dilakukan melalui penyebaran kuesioner hanya dalam satu waktu saja (yang dilakukan dalam periode hari, minggu, atau bulan) untuk menjawab pertanyaan penelitian Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan penyebaran kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah yang melakukan perawatan kecantikan yang tinggal di Indonesia. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 164 responden. Analisis dalam penelitian ini diolah dengan menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa (1) online advertising berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, (2) online advertising berpengaruh signifikan terhadap utilitarian shopping motivation, (3) online advertising berpengaruh signifikan terhadap hedonic shopping motivation, (4) utilitarian shopping motivation berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, (5) hedonic shopping motivation berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan penelitian ini terdapat beberapa saran yang dapat diberikan : 1. Meningkatkan daya tarik iklan di media sosial dalam mempromosikan produk, terutama produk kecantikan sehingga konsumen tetap tertarik terhadap produk kecantikan. 2. Lebih mempertahankan lagi niat membeli terhadap motivasi konsumen yang bersifat hedonis yang didapatkan dengan membandingkan semua hal yang akan menguntungkannya dan mencari sesuatu yang bersifat menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 06 May 2024 03:29
Last Modified: 06 May 2024 03:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17955

Actions (login required)

View Item View Item