Syahtarina, Fika and Teddy, Alfra Siagian and Nurul, Astuty Yensy B (2022) ANALISIS KUALITAS DAN TINGKAT KOGNITIF BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI_A1C017046_FIKA SYAHTARINA.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Matematika Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2020/2021 yang dilihat dari sebaran validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh serta tingkat kognitif soal berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh lembar jawaban PAS peserta didik yang berjumlah 170 dan diujikan secara daring melalui google form. Data penelitian dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 33 soal (94,3%) valid dan 2 soal (5,7%) tidak valid. Reliabilitas soal termasuk tinggi dengan koefisien reliabilitas 0,87. Ditinjau dari tingkat kesukaran, soal dengan tingkat kesukaran sedang sebanyak 82,8%, sukar sebanyak 8,6% dan soal mudah sebanyak 8,6%. Daya beda soal sebanyak 7 soal kategori cukup (20%), 23 kategori baik (65,7%), 4 soal dengan kategori baik sekali (11,4%) dan 1 soal dengan daya beda jelek (2,9%). Sebanyak 5 dari 135 pengecoh tidak berfungsi dengan baik. Tingkat kognitif soal tersebar pada tingkat C1 (mengenali) sebanyak 3 soal (8,6%), C2(memahami) sebanyak 6 soal (17,2%), C3(mengaplikasikan) sebanyak 25 soal (71,4%) dan C4 (menganalisis) sebanyak 1 soal (2,8%). Kata Kunci: Kualitas Soal, Soal PAS, Taksonomi Bloom Revisi, Tingkat Kognitif Soal
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:36 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17960 |
Actions (login required)
View Item |