PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK BNI SYARIAH KOTA BENGKULU

Hidayat, Rahmat and Nasution, Nasution and Fahrudin, JS Pareke (2021) PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK BNI SYARIAH KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
RAHMAT HIDAYAT C1B016106.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kinerja adalah hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang telah dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugasnya. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja diantaranya adalah faktor psikologis yang dalam hal ini adalah psychological capital yang memiliki komponen self-efficacy, optimism, hope, dan resilience. Karyawan yang memiliki psychological capital yang tinggi dapat berpengaruh terhadap kinerja karyawan yang semakin tinggi juga. Selanjutnya psychological capital memiliki potensi yang tinggi dalam memberikan kontribusi untuk meningkatkan kinerja karyawan, yaitu psychological capital dapat menjadi modal dan motivasi karyawan dalam mengembangkan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psychological capital terhadap kinerja karyawan PT. Bank BNI Syariah Kota Bengkulu. Psyhological capital atau modal psikologi adalah keadaan perkembangan psikologis positif seseorang dan ditandai dengan: (1) memiliki kepercayaan diri (self-efficacy) untuk mengambil dan melakukan upaya yang diperlukan untuk berhasil dalam tugas-tugas yang menantang; (2) membuat atribusi positif (optimism) tentang kesuksesan sekarang dan di masa depan; (3) bertahan menuju tujuan dan, jika perlu, mengarahkan jalan menuju tujuan (hope) untuk berhasil; dan (4) ketika dilanda masalah dan kesulitan, mempertahankan dan bangkit kembali dan bahkan melampaui (resilience) untuk mencapai kesuksesan. (Luthans, Youssef, & Avolio, 2007). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner secara offline. Penelitian ini melibatkan 93 pegawai PT. Bank BNI Syariah Kota Bengkulu yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan Software Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 20.0. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa psychological capital yang memiliki empat komponen yaitu : 1) Self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank BNI Syariah Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,366 dengan sig. 0,000. 2) Optimism berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank BNI Syariah Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,339 dengan sig. 0,000. 3) Hope berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank BNI Syariah Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,455 dengan sig. 0,000. 4) Resilience berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja PT. Bank BNI Syariah Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,346 dengan sig. 0,000. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan penelitian terdapat beberapa saran yang dapat diberikan berkaitan dengan psychological capital dan kinerja yaitu, bagi pihak PT. Bank BNI Syariah Kota Bengkulu disarankan untuk lebih memperhatikan serta menjaga kesehatan mental dari para karyawan sehingga memiliki modal psikologis yang lebih baik untuk tetap berkontribusi terhadap perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 07 May 2024 02:27
Last Modified: 07 May 2024 02:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17963

Actions (login required)

View Item View Item