PENGARUH WORK LIFE BALANCE DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pada Pegawai Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bengkulu)

Anugerah Sucipto, Robby and Anggri, Puspita Sari and Nasution, Nasution (2020) PENGARUH WORK LIFE BALANCE DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Kasus Pada Pegawai Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ROBBY.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Peran sumber daya manusia sebagai salah satu aset penting dalam organisasi, tidak hanya dilihat dari hasil prestasi kerja tetapi juga dilihat dari hasilkinerja pegawai itu sendiri. Kinerja pegawai dipengaruhi olehwork life balance dan employee engagement.Pegawai yang berhasil memenuhi tuntutan peran pekerjaan dan komitmen keluarga dapat menunjukkan kinerja pekerjaan yang lebih baik.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh work life balancedan employee engagement terhadap kinerja pegawai Rutan Kelas II B Bengkulu. Kinerja pegawai sangatlah diperlukan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan pegawai dalam melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya.Work life balanceadalah suatu keadaan ketika individu dapat mengalokasikan waktu, energi dan perilakunya tidak hanya untuk bekerja tetapi juga untuk kehidupan pribadinya. Employee engagement merupakan sikap positif pegawai terhadap organisasi dan nilai-nilai organisasi, dimana pegawai memiliki kesadaran bekerja untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas organisasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 61 orang pegawai diperoleh dengan teknik sensus sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dengan metode hand delivery survey. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS 16.0. Dalam penelitian ini ada 2 hipotesis yang akan diuji, Pertama yaitu pengaruh work life balance terhadap kinerja pegawai Rutan Kelas II B Bengkulu. Kedua, yaitu pengaruh employee engagement sterhadap kinerja pegawai Rutan Kelas Ii B Bengkulu. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) work life balanceberpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Rutan Kelas II B Bengkulu, ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat work life balancemaka kinerja kerjanya juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. (2) employee engagement berpengaruh positif dan signifikan dengan kinerja pegawai Rutan Kelas II B Bengkulu, ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat employee engagement maka kinerja kerjanya juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Berdasarkan pembahasan, saran yang dapat diberikan yaitu, 1) Rutan Kelas II B Bengkulu diharapkan dapat menyesuaikan jam kerja pegawai dengan lebih baik lagi agar nantinya pegawai dapat lebih setuju dengan lamanya jam kerja dan nantinya juga berdampak dengan pegawai memiliki waktu yang cukup untuk bertemu keluarga. 2) Rutan Kelas II B Bengkulu diharapkan dapat memberikan motivasi dan meningkatkan lagi kesadaran pegawai dalam mengemban tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar dapat lebih bersemangat lagi yang nantinya akan mempengaruhi kinerja pegawai menjadi lebih baik. 3) Rutan Kelas II BBengkuludiharapkan dapat melakukan pengawasan lebih ketat lagi dan meningkatkan kedisiplinan pegawai agar kinerja pegawai nantinya dapat lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 07 May 2024 04:55
Last Modified: 07 May 2024 04:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17966

Actions (login required)

View Item View Item