ANALISIS KUALITAS WEBSITE BLIBLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Yulaka, Wounky and Trisna, Murni and Syamsul, Bachri (2022) ANALISIS KUALITAS WEBSITE BLIBLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
ANALISIS KUALITAS WEBSITE BLIBLI MENGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (741kB)

Abstract

Menurut Kotler (2002:42), kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang dirasakan dan muncul setelah membandingkan persepsi terhadap kinerja yang dihasilkan suatu produk dan harapan-harapannya. Kualitas adalah keseluruhan ciri-ciri dan karakteristik dari suatu produk atau layanan yang menyangkut kemampuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhaan yang telah ditentukan atau bersifat laten (Evan dan Dean dalam Purnama, 2006:9). E commerce itu sendiri menurut kamus bahasa inggris adalah perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: electronic commerce) yaitu penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www dan jaringan komputer lainnya (Sunarto, 2009). Web adalah sistem informasi yang disajikan dalam bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain yang tersimpan dalam server web internet yang disajikan dalam bentuk hiperteks (Simarmata, 2010:47). Webqual adalah salah satu metode atau teknik dalam pengukuran kualitas website yang dilihat berdasarkan persepsi pengguna akhir (Sanjaya 2012:12). Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini apakah kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Blibli Indonesia, apakah kualitas interaksi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Blibli Indonesia, apakah usability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Blibli Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakakn yaitu variabel kualitas informasi, kualitas interiaksi. dan usability sebagai variabel independen dan variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel dependen. Data yang digunakan yaitu data primer data dikumpulkan melalui kuesioner online. dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah masyarakat Indonesia yang pernah menjadi pengguna jasa belanja online Blibli Indonesia dan responden untuk penelitian ini sebanyak 115 responden. Hasil yang diperoleh yaitu variabel usability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sementara variabel kualitas informasi dan kualitas interaksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan kepada Blibli Indonesian untuk meningkatkan kepuasan pelanggan mereka harus dapat menerapkan format informasi yang menarik dan mudah dipahami serta relevan, memberikan jaminan jika terjadi masalah dalam melakukan transaksi dapat bertanggung jawab baik dalam ganti rugi atau pengembalian uang serta memberikan ruang personalisasi yang responsif, kemudian harus dapat menciptakan atau membangun interaksi yang mudah di pahami namun variatif dan memberikan tampilan website yang menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 07 May 2024 07:45
Last Modified: 07 May 2024 07:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17971

Actions (login required)

View Item View Item