PENGARUH MORDAN TUNJUNG (FeSO4.7H2O) PADA PEWARNAAN SERAT BATANG PISANG KEPOK KUNING DENGAN PEWARNA ALAMI EKSTRAK BIJI PINANG (Areca catechu Linn)

Dalimunthe, Dwi Maryena Sarita and Eni, Widiyati and Teja, Dwi Susanto (2018) PENGARUH MORDAN TUNJUNG (FeSO4.7H2O) PADA PEWARNAAN SERAT BATANG PISANG KEPOK KUNING DENGAN PEWARNA ALAMI EKSTRAK BIJI PINANG (Areca catechu Linn). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
skripsi.word.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pewarnaan serat dan mengetahui pengaruh mordan tunjung (FeSO4.7H2O) terhadap kelunturan zat warna alami pada serat batang pisang kepok kuning. Batang pisang kepok kuning diperoleh dari pulau Enggano yang diambil seratnya dengan bantuan sikat kawat. Pewarna alami berasal dari biji pinang (Areca catechu Linn) yang diekstraksi dan diuapkan kembali sehingga dihasilkan serbuk halus zat warna. Serbuk halus zat warna dibuat larutan dengan konsentrasi 1000 ppm. Larutan zat warna alami tersebut digunakan untuk pewarnaan serat dengan dan tanpa mordan tunjung (FeSO4.7H2O), dengan cara pemanasan sederhana selama 30 menit. Serat setelah pewarnaan diuji kelunturannya dengan larutan deterjen. Sisa larutan zat warna dan deterjen setelah pencelupan serat diukur dengan metode spektroskopi UV-Vis. Serat setelah pewarnaan memberikan hasil berwarna coklat kemerahan tanpa mordan dan coklat kehitaman dengan adanya mordan. Hasil pengkuran menjelaskan bahwa semakin banyak mordan yang digunakan, maka tingkat kelunturan zat warna pada serat semakin sedikit. Kelunturan paling sedikit pada penggunaan mordan tunjung (FeSO4.7H2O) 1 gram dengan konsentrasi zat warna yang tertinggal di dalam serat sekitar 85.69 %. Sebaliknya tanpa mordan tingkat kelunturan zat warna semakin banyak, dengan konsentrasi zat warna yang tertinggal didalam serat sekitar 70.05 %. Kata Kunci : serat batang pisang kepok kuning, biji pinang (Areca catechu Linn), mordan tunjung (FeSO4.7H2O)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 11 Apr 2019 07:06
Last Modified: 11 Apr 2019 07:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17981

Actions (login required)

View Item View Item