EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN SOSIAL TUNAI (BST) UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 DI KECAMATAN MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

NANDA LIKA, SELA and Desy, Afrita and Yunilisiah, Yunilisiah (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN SOSIAL TUNAI (BST) UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 DI KECAMATAN MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SELA NANDA LIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)

Abstract

Efektivitas program merupakan suatu penilaian atau pengukuran terhadap sejauh mana kegiatan dalam program-program yang telah dilakukan dapat mencapai tujuan awal dari program tersebut. Keberhasilan suatu program dapat dilihat pada efektivitas pencapaian tujuan yang telah direncanakan sebelumnya oleh organisasi terkait. Untuk mengatasi dampak sosial ekonomi yang timbul akibat pandemi Covid-19, pemerintah RI melalui Kementerian Sosial membuat berbagai kebijakan program-program sosial dan mengeluarkan banyak anggaran untuk masyarakat miskin, rentan miskin dan pekerja informal. Tujuannya, agar masyarakat dapat bertahan di tengah kondisi sosial dan ekonomi yang semakin sulit akibat pandemi. Salah satu program jaring pengaman sosial yaitu program Bantuan Sosial Tunai (BST). Untuk melihat indikator tercapainya tujuan dari program dalam membantu masyarakat rentan yang terdampak Covid-19, dapat diukur melalui efektivitas pelaksanaan program bantuan sosial tunai tersebut. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas program Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang berfokus pada efektivitas program bantuan sosial tunai yang dirasakan oleh masyarakat atau keluarga penerima manfaat di Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian melibatkan 14 orang informan terdiri dari keluarga penerima manfaat di Kecamatan Manna, staf Dinas Sosial, staf kantor pos, dan masyarakat non-KPM. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program bantuan sosial tunai di Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dapat diukur melalui 5 indikator yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Berdasarkan hasil penelitian, Berdasarkan hasil penelitian bahwa efektivitas program Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan belum berjalan dengan baik, dilihat dari analisis indikator mengukur efektivitas program masih ada yang belum tercapai seperti ketepatan sasaran keluarga penerima manfaat dan ketepatan waktu penyaluran bantuan sosial tunai.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 08 May 2024 04:42
Last Modified: 08 May 2024 04:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/17983

Actions (login required)

View Item View Item