ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN ONLINE KERIPIK PISANG MELTE VANANA PADA PLATFORM E-COMMERCE

Evi, Sari and Putri, Suci Asriani and Redy, Badrudin (2022) ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN ONLINE KERIPIK PISANG MELTE VANANA PADA PLATFORM E-COMMERCE. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI CETAK EVI SARI S.P fiks nian 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pemanfaatan internet kini telah dioptimalkan pada hampir seluruh aktivitas kehidupan, termasuk diantaranya dalam bidang ekonomi yang meliputi pemasaran barang dan jasa. Transaksi jual beli dengan menggunakan media internet lebih dikenal dengan istilah e-commerce. Perkembangan e-commerce di Indonesia dapat dimanfaatkan menjadi peluang besar bagi sebagian orang yang dapat melihat potensi kedepannya. Pertumbuhan ini didukung dengan data dari Kemkominfo yang mengatakan bahwa nilai transaksi e￾commerce pada tahun 2017 sudah mencapai angka 140 triliun rupiah. Salah satu pelaku e￾commerce yang saat ini berkembang adalah Shopee. Salah satu industri yang pemasarannya secara online menggunakan aplikasi Shopee yaitu: industri CV. Vanana Jaya Sinergi yang merupakan salah satu industri yang berlokasi di Jl. Bumi Manti 2 No. 18 Kampung Baru Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung. Karena semakin bergejolaknya trend bisnis di situs belanja online, maka industri CV. Vanana Jaya Sinergi membuat produk keripik pisang melte vanana yang merupakan salah satu produk olahan pertanian. Dengan banyaknya jumlah aplikasi belanja online yang ada di Indonesia dan fenomena bergesernya pola pembelian konsumen dari transaksi offline menuju transaksi online, menyebabkan jumlah transaksi yang menggunakan aplikasi belanja online terus meningkat baik frekuensi maupun nominal. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Sikap konsumen online terhadap keripik pisang melte vanana dengan berbelanja menggunakan aplikasi shopee, 2) Perilaku konsumen online terhadap keripik pisang melte vanana dengan berbelanja menggunakan aplikasi shopee. Metode penentuan responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sikap konsumen terhadap keripik pisang melte vanana bernilai 16.4 yang berarti positif karena menurut konsep multi atribut fishbein jika Ao>0, maka konsumen memiliki sikap positif terhadap keripik pisang melte vanana. Sedangkan perilaku konsumen juga bernilai sebesar 12.908. Dimana nilai 12.908 lebih besar dari 0 yang menunjukkan bahwa konsumen loyal dalam membeli dan mengkonsumsi keripik pisang melte vanana. Atribut yang terdapat dalam keripik pisang melte yaitu rasa, tekstur, harga, kemasan, citra merek, kepercayaan, kualitas pelayanan, dan keamanan. Perilaku tersebut lebih besar dipengaruhi oleh sikap konsumen terhadap atribut-atribut yang ada didalamnya dibandingkan dengan norma subjektif. Sikap positif konsumen terhadap keripik pisang melte vanana tentunya sudah cukup untuk menggambarkan bagaimana perilakunya terhadap keripik pisang melte vanana. Kata kunci: E-Commerce, Keripik Pisang, Sikap, Perilaku konsumen online

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agronomy
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 14 May 2024 03:37
Last Modified: 14 May 2024 03:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18002

Actions (login required)

View Item View Item