PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 78 KOTA BENGKULU

Triani, Deliza Septika and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 78 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS DELIZA SEPTIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk mengukur signifikansi pengaruh variabel X dan Y. Sebelum ke lapangan, peneliti telah melakukan uji coba terhadap insrumen penelitian. Instrumen penelitian ini berupa angket sikap peduli lingkungan dan tes hasil belajar. Kelas IV A dijadikan kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dalam penenlitian ini. Uji coba dilakukan di sekolah yang sama sebagai tempat penelitian, namun kelas yang berbeda yakni kelas V C. Hasil data dianalisis menggunakan perhitungan statistik uji t-test dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan siswa dengan nilai t hitung> t tabelyakni 2,70 > 2,00;. (2) Model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa dengan nilai t hitung> t tabelyakni 3,83 > 2,00. Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL, Sikap Peduli Lingkungan, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi Septi
Date Deposited: 26 Apr 2019 13:34
Last Modified: 26 Apr 2019 13:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18003

Actions (login required)

View Item View Item