Arif, Syarifudin and Irnad, Irnad and Indra, Cahyadinata (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI KABUPATEN REJANG LEBONG (Studi Kasus Peternakan Adea Farm). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
SKRIPSI ARIF SYARIFUDIN (E1D016108).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengidentifikasi sistem pemasaran telur ayam ras pada saat ini di peternakan Adea Farm, (2)mengidentifikasi faktor-faktor eksternal apa yang menjadi peluang dan ancaman serta faktor faktor internal apa saja yang menjadi kekuatan dan kelemahan dalam pemasaran telur ayam ras ,dan (3)merumuskan alternatif strategi pemasaran telur ayam ras yang dapat dilakukan oleh peternakan Adea Farm. Metode penentuan daerah penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu pada peternakan Adea Farm. Penentuan responden dilakukan secara sengaja yaitu sebanyak 17 responden terdiri dari 2 responden peternakan Adea Farm dan 15 responden pelanggan peternakan Adea Farm. Analisis datanya sendiri menggunakan analisis deksriptif, analisis SWOT dan dilanjutkan analisis QSPM. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Sistem pemasaran telur ayam ras peternakan Adea Farm pada saat ini yaitu menggunakan 3 (tiga) pola pemasaran; pola 1 (produsen – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen), pola 2 (produsen – pedagang pengecer – konsumen), pola 3 (produsen – konsumen) dan kemitraan berupa menjalin kesepakatan tak tertulis dengan pelanggan. Faktor internal yang menjadi kekuatan peternakan Adea Farm yaitu kualitas telur yang baik, kemampuan distribusi baik. Sedangkan faktor internal yang menjadi kelemahan bagi peternakan Adea Farm yaitu harga jual telur tergantung pasar dan promosi belum maksimal. Faktor eksternal yang menjadi peluang bagi peternakan Adea Farm yaitu permintaan pasar akan telur cukup tinggi, kesadaran masyarakat terhadap kebutuhan gizi bertambah tinggi, kondisi ekonomi masyarakat semakin baik. Sedangkan faktor eksternal yang menjadi ancaman bagi peternakan Adea Farm yaitu fluktuasi harga telur, muncul peternak baru, kemudahan pelanggan pindah ke produsen lain, pesaing dari daerah lain. Alternatif strategi prioritas pemasaran telur ayam ras petelur peternakan Adea Farm setelah melakukan analisis QSPM yaitu strategi agresif dengan memperluas dan mempertahankan pasar yang sudah ada 7,094. Kata kunci: Pemasaran, telur, strategi, analisis QSPM
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 14 May 2024 03:50 |
Last Modified: | 14 May 2024 03:50 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18004 |
Actions (login required)
View Item |