PENGGUNAAAN GRUP WHATSAPP SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI KELUARGA (Studi Mahasiswa Perantau Di Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu)

Wahyudi, Purnomo and Rasianna, Br Saragih and Yuliati, Yuliati (2022) PENGGUNAAAN GRUP WHATSAPP SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI KELUARGA (Studi Mahasiswa Perantau Di Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi purnomo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan grup whatsapp oleh mahasiswa perantau sebagai alat komunikasi dengan keluarga. Berdasarkan data yang peneliti dapatkan, jumlah mahasiswa rantau jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu angkatan 2017 dan 2018 berjumlah 45 orang. Metode penelitian yang digunaakan bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa rantau jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu angkatan 2017 dan 2018 yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan grup WhatsApp sebagai alat komunikasi sudah cukup efektif akan tetapi terdapat hambatan pengaruh jaringan yang tidak memadai saat melakukan komunikasi melalui WhatsApp terkhusus pada fitur video call grup, untuk mengatasi kendala tersebut masih tersedia fitur lain yaitu pesan teks pada grup WhatsApp. Hal tersebut dapat dilihat dari masih terjalinnya komunikasi antar anggota keluarga yang berjauhan dan mahasiswa juga masih dapat merasakan perhatian dan informasi penting dengan adanya Grup WhatsApp

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 14 May 2024 04:38
Last Modified: 14 May 2024 04:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18013

Actions (login required)

View Item View Item