KONTRIBUSI KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEBAGAI WALI KELAS SMP NEGERI SE-KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA

Nabilah Shadiqli, Abiyyu and Zakaria, Zakaria and Rambat, Nur Sasongko (2020) KONTRIBUSI KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEBAGAI WALI KELAS SMP NEGERI SE-KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Rumusan masalah umum penelitian ini apakah terdapat kontribusi kemampuan manajerial dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebagai wali kelas SMP Negeri se- Kecamatan Argamakmur secara parsial maupun simultan dan seberapa besar kontribusi tersebut. Rumusan masalah khusus pada penelitian ini adalah : (1) apakah terdapat kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebagai wali kelas sebagai wali kelas (2) apakah terdapat kontribusi kemampuan supervisor kepala sekolah terhadap kinerja guru sebagai wali kelas (3) apakah terdapat kontribusi kemampuan manajerial dan kemampuan supervisor kepala sekolah terhadap terhadap kinerja guru sebagai wali kelas? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis kontribusi kemampuan manajerial dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebagai wali kelas SMP Negeri se- Kecamatan Argamakmur secara parsial maupun simultan. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk menganalisis : (1) kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru sebagai wali kelas, (2) kontribusi kemampuan supervisor kepala sekolah terhadap kinerja guru sebagai wali kelas, (3) kontribusi kemampuan manajerial dan kemampuan supervisor kepala sekolah terhadap terhadap kinerja guru sebagai wali kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif asosiatif. Populasi terdiri atas seluruh guru SMP Negeri Se-Kecamatan Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara dengan sampel 63 orang yang dipilih secara proporsional melalui random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik regresi ganda untuk menganalisis kontribusi antara dua variabel bebas (independent variables) yaitu kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) dan kemampuan supervisor kepala sekolah (X2) dengan satu variabel terikat (dependent variable) yaitu kinerja guru sebagai wali kelas (Y). Hubungan yang akan dianalisis adalah hubungan antara kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) dengan kinerja guru sebagai wali kelas (Y), hubungan kemampuan supervisor kepala sekolah (X2) dengan kinerja guru sebagai wali kelas (Y) dan hubungan kemampuan manajerial kepala sekolah (X1) dan kemampuan. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, dimana semakin baik kemampuan manajerial kepala sekolah maka akan semakin baik pula kinerja guru. Kedua, adanya pengaruh kemampuan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, dimana semakin baik kemampuan manajerial kepala sekolah, maka akan semakin baik pula kinerja guru. Ketiga, terdapat pengaruh kemampuan manajerial dan supervisi kepala sekolah secara simultan (bersama-sama) terhadap kinerja guru, dimana semakin baik kemampuan manajerial dan supervisi kepala sekolah, maka akan semakin baik pula kinerja guru. Dari analisis regresi linier berganda diketahui bahwa kontribusi kemampuan manajerial dan kemampuan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 72,3%. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh seorang kepala sekolah adalah kemampuan manajerial dan supervisi. Kemampuan manajerial dan supervisi ternyata sangat berpengaruh terhadap kinerja guru, artiya dengan kemampuan manajerial dan supervisi yang baik, peran kepala sekolah akan sangat bisa berpengaruh terhadap kinerja guru. Kemampuan manajerial yang dimiliki kepala sekolah akan membuat suasana kerja menjadi lebih terorganisir dan berimbang, sedangkan dengan kemampuan supervisi yang objektif, kepala sekolah bisa menjadikan suasana kerja guru dan staff sekolah lebih harmonis dengan bersifat adil dan solutif dalam menyelesaikan temuan-temuan permasalahan di sekolah. Saran kepada kepala sekolah SMPN Se-Kecamatan Argamakmur hendaknya selalu terus berusaha memperbaharui kemampuan manajerial dan supervisi yang seharusnya ada pada dirinya untuk menjamin kenyamanan, keharmonisan, dan kualitas pendidikan di sekolahnya masing-masing. Upaya upaya itu bisa dilakukan melalui terus melatih kemampuan dalam memimpin, berusaha selalu transparansi, serta bersikap objektif terhadap semua rekan kerja dan warga sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 20 May 2024 05:32
Last Modified: 20 May 2024 05:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18015

Actions (login required)

View Item View Item