FENOMENA INSTAGRAMABLE: ANTARA EKSPEKTASI DAN REALITA PADA OBJEK WISATA TAMAN BEREGAM MUSI RAWAS

Yani, Sapitri and Yuliati, Yuliati and Verani, Indiarma (2022) FENOMENA INSTAGRAMABLE: ANTARA EKSPEKTASI DAN REALITA PADA OBJEK WISATA TAMAN BEREGAM MUSI RAWAS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SAPITRI YANI, D1E016066-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana ekspektadi dan realita pengunjung pada objek wisata Taman Beregam Musi Rawas yang instagramable. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Penelitian ini menggunakan Teori Fenomenologi (Alfred Schutz) di mana menjadikan pengalaman yang sebernanya sebagai data utama dan teori ini mengenalkan istilah motive yaitu motif tujuan (in order to motive). Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi.Hasil yang di dapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena instagramable menarik minat orang untuk datang ke objek wisata Taman Beregam Musi Rawas dengan tujuan untuk berfoto dan membagikannya ke instagram. dengan ekspektasi tinggi bahwa Taman Beregam objek wisata yang bagus dan banyak spot berfoto. Setelah datang secara langsung pengunjung melihat realitanya Taman Beregam memang memiliki banyak spot foto seperti yang dilihat diinstagram, namun disisi lain pengunjung mengatakan bahwa dalam pengambilan foto, kamera, edtting yang digunakan sangat mempengaruhi hasil dari foto karena dibeberapa spot foto banyak yang sudah kotor dan rusak. Namun pengunjung tetap ingin mengulang kembali tapi dengan tujuan yang berbeda bukan untuk berfoto-foto melainkan untuk santai mengahbiskan waktu bersama keluarga karena tempatnya yang nyaman dan bersahabat untuk segala kalangan usia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 14 May 2024 04:49
Last Modified: 14 May 2024 04:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18016

Actions (login required)

View Item View Item