ANALISIS MOTIF PENGGUNA SECOND ACCOUNT PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KUALITATIF MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BENGKULU)

WULANDARI, TRI and Lisa, Adhrianti and Eka, Vuspa Sari (2021) ANALISIS MOTIF PENGGUNA SECOND ACCOUNT PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KUALITATIF MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI TRI WULANDARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Motif Pengguna Second Account di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu yang menggunakan Analisis Konsep Motif Penggunaan Media. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di Universitas Bengkulu menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik wawancara terhadap 7 orang informan mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2018 dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik. Berdasarkan rumusan masalah yang terdapat pada penelitian ini, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi membuat beberapa Akun Instagram sebagai pemenuhan kebutuhan informasi sehingga setiap akun yang dibuat telah terkategori seperti akun pertama sebagai akun umum siapa saja dapat melihat, akun kedua sebagai akun pribadi hanya orang-orang terdekat, dan pengguna membuat akun lain sebagai akun bisnis maupun akun untuk menyalurkan karya maupun hobi pengguna. Motif Penggunaan Media yang paling dominan pada mahasiswa adalah Motif Diversi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 15 May 2024 07:30
Last Modified: 15 May 2024 07:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18019

Actions (login required)

View Item View Item