INOVASI PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN BENGKULU SELATAN DALAM MENGHADAPI PANDEMI VIRUS KORONA (COVID-19)

ELVENA, DELLA and Marwan, Arwani and Lailatus, Sa'diyah (2021) INOVASI PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN BENGKULU SELATAN DALAM MENGHADAPI PANDEMI VIRUS KORONA (COVID-19). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi DELLA ELVENA (D1B017019).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Inovasi pelayanan di masa pandemi pada perpustakaan dilakukan untuk memberikan layanan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan di masa pandemi Covid-19, layanan serta informasi yang diberikan berhubungan tentang virus korona. Tujuan penelitian adalah mengetahui inovasi pelayanan yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkulu Selatan di masa pandemi sebagai penyedia informasi di masyarakat untuk memutuskan matarantai Covid 19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, informan penelitian ada 4 orang yaitu kepala dinas, kepala bidang layanan dan dua orang pustakawan. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling teknik menentukan informan mempertimbangkan tujuan penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan inovasi pelayanan yang dilakukan adalah: 1) Sosialisasi Covid-19 ke pasar-pasar tradisional di Bengkulu Selatan. 2) Sosialisasi pelayanan di masa pandemi ke taman merdeka Kota Manna. 3) Pembagian masker, hand sanitizer dan brosur. 4) Pelayanan di masa pandemi hanya melakukan pelayanan pengembalian dan peminjaman buku. Selain itu dari hasil penelitian menunjukan alasan dilakukannya inovasi pelayanan yaitu instruksi langsung pemerintah daerah yang mana pelayanannya disesuaikan di masa pandemi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkulu Selatan tidak bekerjasama dan menerima bantuan dana dari pihak lain dalam melakukan pelayanan, serta tidak ada apresiasi khusus kepada pustakawan yang melakukan pelayanan di masa pandemi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 15 May 2024 07:56
Last Modified: 15 May 2024 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18023

Actions (login required)

View Item View Item