EVALUASI KUALITAS LAYANAN SIRKULASI MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL 'TM PADA PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

SUTIYANSI, ITA and Marwan, Arwani and Lailatus, Sa'diyah (2021) EVALUASI KUALITAS LAYANAN SIRKULASI MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL 'TM PADA PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ITA SUTIYANSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Evaluasi kualitas layanan diterapkan sebagai salah satu tolak ukur atau instrumen untuk mengukur kualitas layanan. Tolak ukur ini untuk meningkatkan suatu kualitas layanan, sehingga memungkinkan agar pustakawan atau staf perpustakaan lebih memfokuskan permasalahan atau apa saja yang perlu segera ditangani oleh perpustakaan, terutama layanan sirkulasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas layanan sirkulasi di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Metode penelitian ini yaitu menggunakan metode LibQual +TM dengan jenis penelitian. kuantitatif deskriptif, dengan membagikan kuesioner kepada 100 orang pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Teknik pengambilan sampel dengan metode sampling.purposive beserta sampling kuota. Hasil penelitian pada layanan sirkulasi Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu memperoleh nilai dari empat dimensi kualitas layanan meliputi: kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani, fasilitas dan suasana ruangan, petunjuk dan sarana akses, serta akses informasi keseluruhan perolehan total seluruh dimensi dari nilai Adequacy Gap (AG) yaitu 1,3 hasil ini menunjukkan keseluruhan kualitas layanan sirkulasi UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu telah memenuhi harapan minimum dari pemustaka atau cukup puas. Sedangkan, perolehan nilai total Superiority Gap (SG), yaitu 0,87 dengan nilai skor tersebut berada pada batas toleransi atau dinilai baik. Sehingga menunjukan hasil “Evaluasi Kualitas Layanan Sirkulasi Menggunakan Metode Libqual+TM Pada Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu” adalah baik dan telah memenuhi harapan minimum pemustaka namun belum mencapai harapan ideal. Perolehan nilai skor AG dan GS terendah berada pada dimensi fasilitas dan pemanfaatan ruangan, perolehan nilai AG yaitu: 1,16 dan nilai GS yaitu -0,78. Perbaikan yang utama perlu dilakukan tentunya pada fasilitas dan pemanfaatan ruangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 15 May 2024 08:23
Last Modified: 15 May 2024 08:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18027

Actions (login required)

View Item View Item