HUBUNGAN KETERSEDIAAN FASILITAS WI-FI DENGAN TINGKAT KUNJUNGAN PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI BENGKULU

ELMIANI.L, VIA and Purwaka, Purwaka and Heni, Nopianti (2021) HUBUNGAN KETERSEDIAAN FASILITAS WI-FI DENGAN TINGKAT KUNJUNGAN PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI VIA ELMIANI (D1B015043).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan ketersediaan fasilitas Wi-Fi dengan tingkat kunjungan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu. Kehadiran teknologi informasi di perpustakaan berperan penting dalam menunjang kegiatan perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan ketersediaan fasilitas Wi-Fi dengan tingkat kunjungan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Bengkulu dari bulan Mei-Agustus 2019 sebanyak 6.588 orang sedangkan sampel penelitian menggunakan rumus Slovin dengan teknik accidental sampling diperoleh 99 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan persentase dan korelasi product moment yang diolah menggunakan program SPSS Version 25 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil frekuensi variabel ketersediaan fasilitas Wi-Fi dalam kategori sangat baik dengan skor total 4184 dan tingkat kunjungan pemustaka dalam kategori sangat baik dengan skor total 4160. Hasil uji statistik menggunakan korelasi product moment menunjukkan adanya hubungan antara ketersediaan fasilitas Wi-Fi dengan tingkat kunjungan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu dengan angka korelasi sebesar 0,572 (positif). Sesuai dengan pedoman uji korelasi product moment, nilai tersebut menunjukkan adanya tingkat keeratan hubungan yang yang sedang (0,400-0,599).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Journal
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 15 May 2024 08:51
Last Modified: 15 May 2024 08:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18031

Actions (login required)

View Item View Item