Perilaku Toxic Pada Siswa Kecanduan Game Online (Free Fire)

WIJAYA, AFIF ICHSAN and Sri, Handayani Hanum and Ika, Pasca Himawati (2021) Perilaku Toxic Pada Siswa Kecanduan Game Online (Free Fire). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI AFIF ICHSAN WIJAYA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan fenomena perilaku toxic pada siswa Madrasah Aliyah Al Kariim Bengkulu Tengah dan memahami faktor penyebab perilaku toxic tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi purposive dan wawancara mendalam. Data yang diperoleh direduksi dalam kelompok jawaban sejenis maupun dicatat variasinya dan kemudian diverifikasi untuk mendapatkan kesahihan data dan mencukupi kebutuhan jawaban atas masalah penelitian. Kesimpulan sebagai proses akhir penelitian disusun setelah semua data selesai ditelaah dengan teori Behavior Sociologi dan didukung dengan teori Interaksionisme simbolik. Media game online yang dipilih adalah game online free fire (FF). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 orang, dimana data primer didapatkan dari siswa berusia 16-18 tahun yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 6 faktor penyebab remaja berperilaku toxic dalam game online free fire antara lain adalah 1) rasa sakit hati pemain sehingga menimbulkan rasa ingin balas dendam 2) player yang memiliki watak egois, tidak sabar, tidak mau diberikan saran maupun masukan, dan bertindak semaunya.3) player merasa bosan di dalam game free fire dengan cara keluar dari permainan secara paksa/ AFK dapat merugikan player lain atau teman satu teamnya 4) membully atau menindas pemain lain dengan secara sengaja dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakunan secara terus menerus seperti mengejek dan memberikan julukan yang jelek kepada pemain lain 5) bertemu dengan pemain yang tidak mengetahui rule of game dan cara bermain yang benar 6) pengaruh lingkungan. Kondisi lingkungan yang terbiasa dengan perilaku toxic memicu untuk ikut berperilaku tersebut 7) pengaruh media online seperti youtube dan facebook. Dengan meminimalisir ke 7 faktor tersebut maka dapat menghindari remaja dari dampak negatif perilaku toxic dan berkembang menjadi pribadi yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 17 May 2024 03:00
Last Modified: 17 May 2024 03:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18033

Actions (login required)

View Item View Item