MIKOLA, ANANDA and Sri, Handayani Hanum and Heni, Nopianti (2021) PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Rejang Lebong). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI ANANDA MIKOLA - D1F017039.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, fokus kajian diarahkan pada perilaku belajar peserta didik, serta mengidentifikasi kendala dan solusi selama pembelajaran pada masa pandemi Covid 19 di SMK Negeri 2 Rejang Lebong. Informan meliputi pimpinan sekolah, guru, dan siswa-siswi yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi non partisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan sebagai proses akhir penelitian disusun setelah semua data selesai ditelaah dan dianalisis dengan teori kontruktivisme dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Penelitian menghasilkan informasi bahwa pembelajaran yang dipakai pada masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Rejang Lebong adalah metode blended learning. Metode pembelajaran yang digunakan guru pada masa pandemi Covid-19 kepada siswa antara lain metode ceramah, metode demonstrasi dan eksperimen, metode simulasi, metode tugas dan resitasi. Perilaku belajar siswa setiap jurusan memiliki cara yang berbeda-beda. Dapat dilihat dari kebiasaan belajar yaitu, kebiasaan dalam mengikuti pelajaran, kebiasaan mengulangi pelajaran, kunjungan ke perpustakaan, kebiasaan membaca buku, kebiasaan menghadapi ujian. Serta memiliki beberapa kendala diantaranya siswa mengalami kesulitan konsentrasi dalam belajar, jaringan tidak stabil dan kuota yang tidak memadai. Disarankan dalam pembelajaran online harus didukung beberapa hal yaitu media belajar, metode pembelajaran, motivasi siswa serta hendaknya guru menggunakan metode sesuai karakteristik siswa, sehingga dapat mencapai tujuan belajar yang diharapkan dan perlunya melakukan pembinaan kepada guru dalam menggunakan metode pembelajaran, agar siswa tidak bosan sehingga terjadi proses pembelajaran yang menyenangkan dan tidak monoton.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 17 May 2024 03:07 |
Last Modified: | 17 May 2024 03:07 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18035 |
Actions (login required)
View Item |