MITOS DAN PRAKTIK PERAWATAN SEPUTAR KEHAMILAN SUKU SERAWAI (Studi Kasus di Kelurahan Sumur Dewa, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu)

AQNISIA, ANISA SUCI and Sri, Handayani Hanum and Heni, Nopianti (2021) MITOS DAN PRAKTIK PERAWATAN SEPUTAR KEHAMILAN SUKU SERAWAI (Studi Kasus di Kelurahan Sumur Dewa, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ANISA..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang mitos-mitos terkait kehamilan dengan praktik perawatan ibu hamil pada masyarakat Suku Serawai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan teknik penentuan informan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian direduksi, dipilah dan dicatat serta diverifikasi untuk mendapatkan kesahihan data dalam rangka menjawab rumusan penelitian. Kesimpulan yang merupakan proses akhir penelitian setelah semua data selesai ditelaah dan dianalisis menggunakan Teori Fenomenologi dan Teori Aksi. Adapun hal yang menjadi penting dalam penelitian ini yaitu adanya mitos-mitos terkait kehamilan yang masih dipercaya oleh sebagian ibu dalam Suku Serawai. Penelitian menghasilkan informasi bahwa mitos-mitos pada kehamilan ibu Suku Serawai terbagi menjadi mitos yang terkait makanan dan perilaku ibu. Mitos terkait makanan berupa : (1) Larangan memakan makanan yang mengandung gas seperti nanas, tapay, dan durian. (2) Larangan memakan jangek atau kulit sapi. (3) Larangan memakan gambas atau kisik. (4) Larangan memakan tebu manis. Sementara mitos terkait perilaku berupa ; (1) Dilarang menunda-nunda pekerjaan (2) Dilarang duduk di tengah pintu. (3) Dilarang berhenti di depan pintu. (4) Dilarang pindah rumah. Kemudian praktik perawatan berupa pemeriksaan ibu hamil yang baik dan benar, perawatan sehari-hari ibu hamil, porsi makan dan minum ibu hamil untuk kebutuhan sehari dan hal yang harus dihindari ibu selama hamil. Pada ibu hamil dianjurkan untuk melakukan aktivitas berupa ; mencuci, menyapu, berkebun, jalan kaki, senam, melakukan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 17 May 2024 03:18
Last Modified: 17 May 2024 03:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18037

Actions (login required)

View Item View Item