ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN PEMASARAN IKAN NILA DI PROVINSI BENGKULU (STUDI KASUS KECAMATAN AIR NIPIS DAN KECAMATAN PADANG JAYA)

Dodi, Mario Sitanggang and Irnad, Irnad and Ridha, Rizki Novanda (2022) ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI DAN PEMASARAN IKAN NILA DI PROVINSI BENGKULU (STUDI KASUS KECAMATAN AIR NIPIS DAN KECAMATAN PADANG JAYA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI DODI MARIO SITANGGANG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Perikanan merupakan salah satu subsektor yang dinilai penting bagi pembangunan nasional. Ikan nila merupakan salah satu komoditi perikanan yang di budidaya pada perikanan air tawar. Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, sehingga tidak heran banyak masyarakat di Provinsi Bengkulu membudidayakan ikan nila sebagai mata pencaharian. Seiring berjalannya waktu, petani ikan nila mengeluh terhadap harga jual yang mereka terima. Faktanya harga jual ikan nila yang mereka terima sangat kecil dan tindak sebanding dengan input yang mereka keluarkan dalam satu kali proses produksi. Harga jual yang diterima petani, akan mempengaruhi pendapatan yang mereka terima. Harga jual yang diterima petani erat hubungannya dengan lembaga pemasaran yang terkait dalam saluran pemasaran ikan nila. Semakin panjang saluran pemasaran, maka harga yang petani terima akan semakin kecil. Penelitian ini menganalisis pendapatan, pola saluran pemasaran, dan pemasaran ikan nila di Provinsi Bengkulu khususnya di Kecamatan Air Nipis dan Kecamatan Padang Jaya. Penelitian ini dilakukan secara sengaja. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode sensus dan snowball sampling. Responden yang menggunakan metode sensus adalah petani. Semua populasi petani ikan nila di kedua daerah tersebut dijadikan responden. Sementara snowball sampling digunakan untuk responden lembaga pemasaran. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukan pendapatan yang diperoleh petani ikan nila di Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan rata-rata sebesar Rp Rp 220.457.498/MT atau Rp 43.549/m2 dan pendapatan rata-rata petani ikan nila di Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara sebesar Rp 90.582.502/MT atau Rp 29.538/m2 . Kedua daerah tersebut terdapat tiga saluran pemasaran ikan nila yang sama yaitu saluran I : petani - pedagang pengumpul kecamatan - pedagang pengumpul antar kota - pedagang pengecer luar daerah – konsumen luar daerah, saluran II : petani – pedagang pengecer dalam daerah – konsumen dalam daerah, saluran III : petani – Konsumen dalam daerah. Total margin pemasaran pada tiap saluran tersebut berbeda-beda. Margin pemasaran saluran I di Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan sebesar Rp 7.667, saluran II Rp 3.400 dan saluran III Rp 0. Sementara total margin pemasaran pada saluran I di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu utara sebesar Rp 7.190, saluran II Rp 2.500 dan saluran III Rp 0. Farmer’s share pada pemasaran ikan nila di Kecamatan Air Nipis saluran I sebesar 74%, saluran II 87%, saluran III 100%. Ketiga saluran tersebut tergolong efisien karena > 50%. Saluran I yang paling efisien karena memiliki nilai farmer’s share paling besar. Sementara farmer’s share pada pemasaran ikan nila di Kecamatan Padang Jaya yaitu saluran I 73%, saluran II 89% dan saluran III 100%. Ketiga saluran tersebut juga sama tergolong efisien. Saluran III juga yang paling efisien karena memiliki nilai farmer’s share paling besar. Efisiensi pemasaran ikan nila di Kecamatan Air Nipis pada saluran I 8%, saluran II 5% dan saluran III 0%. Saluran pemasaran yang lebih efisien adalah saluran III, karena nila efisiensi pemasaran pada saluran III lebih kecil. Sementara efisiensi pemasaran ikan nila di Kecamatan Padang Jaya pada saluran I %, saluran II 7% dan saluran III 0%. Saluran pemasaran yang lebih efisien adalah saluran III, karena nila efisiensi pemasaran pada saluran III lebih kecil. Kata Kunci: Pendapatan, saluran pemasaran, margin pemasaran, Farmer’s share, Efisiensi Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 20 May 2024 03:02
Last Modified: 20 May 2024 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18044

Actions (login required)

View Item View Item