FORMULASI MASKER WAJAH GEL PEEL-OFF EKSTRAK KULIT JERUK KALAMANSI (Citrofortunella microcarpa) DAN UJI ANTIBAKTERI TERHADAP Staphylococcus aureus PENYEBAB JERAWAT

DEWI, NURJANAH and Yona, Harianti and Evi, Maryanti (2023) FORMULASI MASKER WAJAH GEL PEEL-OFF EKSTRAK KULIT JERUK KALAMANSI (Citrofortunella microcarpa) DAN UJI ANTIBAKTERI TERHADAP Staphylococcus aureus PENYEBAB JERAWAT. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis S1 Farmasi)
SKRIPSI_DEWI NURJANAH_F1G019029_S1 FARMASI - anggita dwi diananda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Jeruk kalamansi (Citrofortunella microcarpa) dapat digunakan sebagai pengobatan jerawat. Kulit jeruk kalamansi diketahui mengandung senyawa aktif flavonoid yang memiliki aktivitas sebagai antibakteri. Pada penlitian ini kulit jeruk kalamansi dikembangkan menjadi sediaan masker gel peel-off. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji fisik yang baik pada konsentrasi formula dan mengetahui aktivitas antibakteri dari formula sediaan masker gel peel-off ekstrak kulit jeruk kalamansi (Citrofortunella microcarpa) terhadap bakteri Staphylococcus aureus. Kulit jeruk kalamansi di ekstraksi menggunakan pelarut etanol 96% dengan metode ekstraksi maserasi. Sediaan masker gel peel-off dibuat dengan variasi konsentrasi yang berbeda yaitu 12,5% (3,75 gram), 25% (7,5 gram), 37,5% (11,25 gram), 50% (15 gram), dan 62,5% (18,75 gram). Sediaan masker gel peel-off yang telah dibuat dilakukan uji mutu fisik meliputi organoleptik, homogenitas, pH, daya sebar, waktu mengering, dan uji antibakteri. Pengujian antibakteri dilakukan dengan menggunakan metode difusi cakram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masker gel peel-off ekstrak kulit jeruk kalamansi memenuhi parameter uji mutu fisik yang baik dan uji antibakteri pada formula I, II, III dan IV dengan zona hambat yang termasuk kategori lemah sedangkan pada formula V dengan zona hambat termasuk kategori sedang. Kesimpulan yang diperoleh adalah uji mutu fisik yang paling baik terdapat pada formula III dan uji aktivitas antibakteri yang paling baik terdapat pada formula V konsentrasi 62,5% (18,75 gram) dengan zona hambat 5,2 mm yang termasuk kategori sedang. Kata kunci: Kulit jeruk kalamansi, masker gel peel-off antijerawat, difusi cakram, Staphylococcus aureus.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 21 May 2024 02:33
Last Modified: 21 May 2024 02:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18061

Actions (login required)

View Item View Item