PENYELESAIAN SENGKETA E-COMMERCE SHOPEE MELALUI ONLINE DISPUTE RESOLUTION (ODR) SEBAGAI PERLINDUNGAN HAK KONSUMEN

TRI, ASMAWATI and Nur, Sulistyo B. Ambarini and Widiya, N Rosari (2022) PENYELESAIAN SENGKETA E-COMMERCE SHOPEE MELALUI ONLINE DISPUTE RESOLUTION (ODR) SEBAGAI PERLINDUNGAN HAK KONSUMEN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI-TRI ASMAWATI-UNIVERSITAS BENGKULU.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi telah membawa kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi salah satunya di bidang perdagangan atau dikenal dengan istilah e-commerce. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang berkembang di Indonesia. Di dalam e-commerce Shopee para pihak dapat melakukan transaksi jual beli secara online tanpa harus bertemu langsung. Kemudahan aktivitas dalam e-commerce Shopee tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan berbagai macam sengketa. Oleh sebab itu, diperlukan model penyelesaian sengketa yang cepat dan aman yang melindungi kepentingan para pihak. Berkembangnya gagasan untuk menggunakan sistem online dispute resolution (ODR) sebagai upaya penyelesaian sengketa yang cepat dan melindungi kepentingan para pihak yang bersengketa dalam transaksi e-commerce. Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian ini yaitu; pertama, penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh e-commerce Shopee menggunakan penyelesaian secara online dispute resolution (ODR) dengan bentuk metode mediasi online. Kedua, penyelesaian sengketa e-commerce Shopee yang diselesaikan melalui online dispute resolution (ODR) dengan bentuk metode mediasi online merupakan salah satu upaya Shopee dalam memberikan perlindungan terhadap hak konsumen dan pemenuhan kewajiban pelaku usaha sebagaimana yang diatur dalam Pasal 4 dan Pasal 7 Undang�Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kata Kunci: E-commerce, Shopee, Penyelesaian Sengketa, Online Dispute Resolution (ODR), Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 21 May 2024 04:51
Last Modified: 21 May 2024 04:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18072

Actions (login required)

View Item View Item