ANALISIS PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL PADA IDX HIGH DIVIDEND 20 (IDXHIDIV20) MENGGUNAKAN CONSTANT CORRELATION MODEL (CCM) DAN SINGLE INDEX MODEL (SIM)

Erlina, Sihombing and Septri, Damayanti and Siska, Yosmar (2023) ANALISIS PEMBENTUKAN PORTOFOLIO OPTIMAL PADA IDX HIGH DIVIDEND 20 (IDXHIDIV20) MENGGUNAKAN CONSTANT CORRELATION MODEL (CCM) DAN SINGLE INDEX MODEL (SIM). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ERLINA SIHOMBING_F1A019021 - Erlina Sihombing.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Portofolio saham merupakan alat diversifikasi yang dipakai oleh para investor dalam meminimalkan tingkat risiko dan meningkatkan tingkat pengembalian. Constant Correlation Model (CCM) dan Single Index Model (SIM) merupakan model yang dapat digunakan untuk menentukan portofolio saham yang optimal. CCM adalah model yang menggunakan tingkat korelasi antar saham tanpa melibatkan indeks pasar. SIM menggunakan pertimbangan bahwa harga saham perusahaan akan searah dengan harga indeks pasar. Data saham yang digunakan adalah harga penutupan harian dari 13 saham yang terdaftar pada IDX High Dividen 20 (IDXHIDIV20) selama periode Februari 2019 sampai Agustus 2022 dan data BI-7 days repo rate sebesar 0.000152143. Saham-saham terpilih diseleksi melalui beberapa tahap sehingga dengan menggunakan CCM diperoleh 3 saham yang masuk ke dalam portofolio yaitu ADRO, BBCA, dan ITMG. Expected return dari portofolio yang terbentuk adalah sebesar 0.13% dan risiko sebesar 0.06%. Sedangkan dengan menggunakan SIM diperoleh 9 saham yang masuk ke dalam portofolio yaitu ADRO, BBCA, BBNI, BBRI, BMRI, ITMG, PTBA, TLKM, UNTR. Expected return dari portofolio yang terbentuk adalah sebesar 0.075% dan risiko sebesar 0.02%. Kata kunci : Portofolio saham, Constant Correlation Model (CCM), Single Index Model (SIM), expected return, risiko.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 May 2024 03:55
Last Modified: 22 May 2024 03:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18090

Actions (login required)

View Item View Item