FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KONSUMSI BERAS “KEMBANG KOL” (STUDI KASUS DI PASAR MINGGU KOTA BENGKULU)

Tika, Veronika and Basuki, Sigit Priyono and Sriyoto, Sriyoto (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KONSUMSI BERAS “KEMBANG KOL” (STUDI KASUS DI PASAR MINGGU KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI TIKA VERONICA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Beras yang dipasarkan di wilayah Kota Bengkulu sangat beragam kualitas dan kuantitasnya, melimpahnya beras yang memenuhi pasaran membuat para konsumen lebih leluasa untuk memilih beras. Beras “Kembang Kol” merupakan salah satu beras yang termasuk dalam beras yang berkualitas baik yang dipasarkan di Kota Bengkulu di samping beras Hp, Paten, Brokoli, Beras Makyus, Beras Manggis, Beras Super dan lain￾lain. Beras “Kembang Kol” dengan berbagai atribut akan menjadi pertimbangan konsumen dalam membelinya. Oleh karena itu, produsen atau pemasaran “Kembang Kol” di Kota Bengkulu dituntut untuk mengetahui apa yang menjadi preferensi atau kesukaan konsumen dan memberikan yang terbaik sesuai dengan tingkat konsumsi terhadap beras “Kembang Kol”. Dengan berdasarnya uraian di atas, penulis tertarik ingin melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi beras “Kembang Kol” di Kota Bengkulu, dengan adanya harapan agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu landasan bagi pemerintah dan instansi terkait dengan adanya suatu upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kota Bengkulu. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu yang pertama bagaimana tingkat konsumsi beras “Kembang Kol” di Pasar Minggu Kota Bengkulu, kedua apa saja atribut yang dianggap penting bagi konsumen beras “Kembang Kol” di Pasar Minggu Kota Bengkulu, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat konsumsi beras “Kembang Kol” di Pasar Minggu Kota Bengkulu. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui tingkat konsumsi beras “Kembang Kol” di Pasar Minggu Kota Bengkulu, kedua untuk mengetahui atribut apa saja yang dianggap penting bagi konsumsi beras “Kembang Kol” di Pasar Minggu Kota Bengkulu, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi beras “Kembang Kol” di Pasar Minggu Kota Bengkulu. Penulis melakukan atau mengambil lokasi penelitian secara sengaja (purpossive) di Pasar Minggu Kota Bengkulu dengan alasan bahwa pasar tersebut merupakan pusat perbelanjaan keperluan rumah tangga serta mempunyai banyak distributor beras sehingga memudahkan dalam menemukan produk dan konsumen beras “Kembang Kol” serta dianggap telah mewakili konsumen beras “Kembang Kol” di Kota Bengkulu. Penentuan responden dalam penelitian ini dengan cara accidental sampling, dilakukan dalam wilayah Kota Bengkulu berlokasi di Pasar Minggu Kota Bengkulu dengan kriteria responden ibu rumah tangga atau kepala rumah tangga yang ditemui di lokasi penelitian tersebut sedang membeli beras “Kembang Kol” yang telah membeli dan mengkonsumsi beras “Kembang Kol” minimal dua kali. Keseluruhan responden pada penelitian ini berjumlah 96 orang responden dan dibagi kepada 3 UD Beras dengan pembagian sampel masing-masing 32 orang agar setiap responden bisa mewakili di setiap UD Beras. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Metode Analisis Data Untuk mengetahui bagaimana tingkat konsumsi responden beras “Kembang Kol” di Kota Bengkulu, maka secara garis besar akan digambarkan secara deskriptif. Dalam menganalisis preferensi terhadap atribut-atribut beras “Kembang Kol” responden akan diberikan beberapa atau pernyataan-pernyataan dengan 5 kata dari jawaban yaitu syarat setuju (SS) = skor 5, setuju (S) = skor 4, Ragu-ragu (R) = skor 3, kurang setuju (KS) = skor 2, dari Tidak Setuju (TS) = Skor 1. Model analisis untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi beras “Kembang Kol” oleh konsumen di Kota Bengkulu dilakukan dengan menggunakan model fungsi regresi linear berganda pada aplikasi SPSS. Hasil pada penelitian yaitu yang pertama tingkat konsumsi responden beras kembang kol beserta keluarganya rata-rata berjumlah 20 kg/bulan, kemudian warna, rasa, aroma dan kebanggaan menjadi atribut penting bagi konsumen dalam mengkonsumsi beras kembang kol di pasar Panorama Kota Bengkulu dan pendapatan, pendidikan, jumlah anggota keluarga dan usia berpengaruh nyata terhadap tingkat konsumsi beras kembang kol di pasar Panorama Kota Bengkulu. Kata Kunci : Beras Kembang Kol, Pasar Minggu Kota Bengkulu, Regresi Linear Berganda.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 27 May 2024 02:19
Last Modified: 27 May 2024 02:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18105

Actions (login required)

View Item View Item