Nur, Atmi Sangputri and Basuki, Sigit Priyono and Melli, Suryanty (2022) TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI TERHADAP KINERJA KOPERASI SERBA USAHA “AGRO MUKO” DI PT AGRO MUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI-NUR ATMI SANGPUTRI-E1D016131.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Koperasi merupakan salah satu lembaga ekonomi rakyat Indonesia yang perannya sendiri adalah untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Koperasi adalah badan usaha yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi dan asas kekeluargaan. Koperasi sekarang ini masih diperhitungkan oleh berbagai pihak seperti pemerintah dan masyarakat, meskipun demikian koperasi masih tetap eksis berdiri di tengah krisis perekonomian Indonesia dan juga koperasi banyak berkembang di berbagai wilayah Indonesia saat banyaknya persaingan dengan badan usaha lain. PT Agro Muko sendiri memiliki sebuah koperasi yang dibentuk dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan karyawannya, jenis koperasi yang dibentuk oleh PT Agro Muko adalah koperasi serba usaha. Koperasi ini memiliki anggota yang merupakan seluruh karyawan yang bekerja di PT Agro Muko, Koperasi Serba Usaha Agro Muko awalnya hanya memiliki satu unit koperasi yang saat ini menjadi kantor pusat koperasi, namun karena banyaknya jumlah anggota yang tersebar di berbagai estate maka saat ini koperasi telah memiliki 10 cabang/outlet. dalam koperasi. Karena perbandingan jumlah pengurus dengan anggota koperasi terlalu jauh sehingga menyebabkan kinerja koperasi tidak efisien. Dengan meningkatnya kinerja koperasi ternyata belum sepenuhnya dapat memberikan kepuasaan bagi anggotanya, hal ini karena anggota masih belum merasakan kinerja koperasi secara nyata. Untuk mengetahui tingkat kepuasan anggota koperasi serba usaha di PT Agro Muko dapat dilihat dari hasil penilaian tingkat kepentingan dan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja dari pelayanan koperasi serba usaha Agro Muko serta menganalisis tingkat kepuasan anggota koperasi terhadap pelayanan koperasi serba usaha Agro Muko. Penelitian dilakukan pada tanggal 15 Desember – 15 Januari 2022. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive). Penelitian ini dilakukan di Koperasi Serba Usaha Agro Muko dengan 97 responden. Metode penetuan responden dan pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode simple random sampling dan metode yang digunakan untuk menentukan jumlah responden berdasarkan lokasi tersebarnya outlet koperasi adalah metode quota sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan alat analisis Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Berdasarkan hasil analisis tingkst kepentingan dan kinerja pelayanan koperasi serba usaha dapat disimpulkan bahwa tingkat kinerja koperasi serba usaha Agro Muko sebesar 3,52 masih di bawah tingkat kepentingan yaitu sebesar 4,08. Terdapat dua atribut yang dinyatakan penting dan menjadi prioritas untuk ditingkatkan kinerjanya (kuadran I) adalah ketersediaan barang di koperasi dan sanksi bagi anggota yang tidak mematuhi aturan. Dan berdasarkan analisis tingkat kepuasan anggota koperasi dapat disimpulkan sebagian besar anggota (70,63%) merasa puas terhadap pelayanan koperasi serba usaha Agro Muko. Kata kunci : Koperasi Serba Usaha Agro Muko, IPA, CSI, Kepuasan Anggota
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 27 May 2024 02:52 |
Last Modified: | 27 May 2024 02:52 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18110 |
Actions (login required)
View Item |