ANALISIS TERHADAP PENDAFTARAN AKTA JAMINAN FIDUSIA SECARA ONLINE BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 21 TAHUN 2015 TENTANG TATA CARA PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA DAN BIAYA PEMBUATAN AKTA JAMINAN FIDUSIA DI KOTA BENGKULU

KURNIA DWI ASTUTI, SHERLY and Hamdani, Ma’akir and Edytiawarman, Edytiawarman (2018) ANALISIS TERHADAP PENDAFTARAN AKTA JAMINAN FIDUSIA SECARA ONLINE BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 21 TAHUN 2015 TENTANG TATA CARA PENDAFTARAN JAMINAN FIDUSIA DAN BIAYA PEMBUATAN AKTA JAMINAN FIDUSIA DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Sherly Kurnia Dwi Astuti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Kewajiban akan pendaftaran jaminan fidusia dengan menggunakan akta otentik, agar memberikan kepastian hukum kepada pihak yang berkepentingan (das sollen), tetapi pada kenyataannya ada jaminan fidusia dengan akta bawah tangan dan tidak didaftarkan (das sein). Sejak 2013 telah diberlakukan Pendaftaran Jaminan Fidusia Secara Online yang bertujuan untuk lebih memudahkan proses pendaftaran diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2015. Berdasarkan kondisi tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah pelaksanaan pendaftaran akta jaminan fidusia yang dilakukan secara online berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 2015 di Kota Bengkulu? dan (2) Bagaimanakah akibat hukum apabila tidak di daftarkannya jaminan fidusia berdasarkan peraturan pemerintah nomor 21 tahun 2015?. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Penelitian hukum empiris menggunakan data primer dan sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) Pelaksanaan pendaftaran jaminan fidusia tidak dilaksanakan sesuai dengan undang-undang yaitu perjanjian dibuat dengan akta di bawah tangan, alasannya mengenai biaya pembuatan akta yang ditentukan oleh notaris dan tidak sesuai undanh-undang, lambatnya loading dan akses pada server yang ada di kumham ;(2) akibat hukum dari tidak didaftarkannya jaminan fidusia yaitu tidak memiliki hak preferensi dan hak penolakan eksekusi, selain itu juga akan diberikan sanksi berupa peringatan, pembekuan dan pencabutan izin usaha, tidak dapat diterbitkannya sertifikat jaminan fidusia serta adanya potensi merugikan keuangan dan pendapatan negara.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 16 Apr 2019 03:13
Last Modified: 16 Apr 2019 03:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18114

Actions (login required)

View Item View Item