PERALIHAN HAK TANGGUNGAN (HT) PASCA KEPUTUSAN MERGER DARI PT. BANK NEGARA INDONESIA (BNI) SYARIAH MENJADI PT. BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) {KANTOR CABANG SUDIRMAN KOTA BENGKULU}

FADLI, HIDAYAT, and Nur, Sulistyo B. Ambarini and Emelia, Kontesa (2022) PERALIHAN HAK TANGGUNGAN (HT) PASCA KEPUTUSAN MERGER DARI PT. BANK NEGARA INDONESIA (BNI) SYARIAH MENJADI PT. BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) {KANTOR CABANG SUDIRMAN KOTA BENGKULU}. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Tesis Lengkap Fadli Hidayat ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Merger bank merupakan istilah yang merujuk kepada kegiatan penggabungan dua bank atau lebih, dalam merger terdapat peralihan piutang dan penggantian kreditor yang berpengaruh pada Kedudukan Hak Tanggungan sebagai jaminan dari perjanjian pokok untuk menjamin pelunasan utang di bank. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kedudukan Hak Tanggungan pasca keputusan merger dan bagaimana proses pelaksanaan peralihan Hak Tanggungan kepada pemegang Hak Tanggungan yang baru setelah merger. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan pendekatan konseptual dan pendekatan perundang-undangan. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kedudukan Hak Tanggungan ketika merger PT. BNI Syariah ke PT. BSI mengikuti perjanjian pokoknya yang langsung beralih ke bank hasil merger PT. BSI, hanya saja pelaksanaan perubahan nama pemegang Hak Tanggungan tidak serta merta dilaksanakan pada saat merger tetapi BSI lebih mendahulukan perjanjian kredit baru atau adanya pengajuan dari Debitor untuk melakukan perbuatan hukum lain terhadap utangnya. Kata kunci: Bank, Merger, Hak Tanggungan, Peralihan Hak Tanggungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Hukum
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 27 May 2024 07:20
Last Modified: 27 May 2024 07:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18131

Actions (login required)

View Item View Item