PENGUJIAN AKTIVITAS TABIR SURYA EKSTRAK ETANOL DAUN MATOA (Pometia pinnata) DAN EKSTRAK ETANOL DAUN MANGGA ARUM MANIS (Mangifera indica L. var arum manis) SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AKTIF KRIM TABIR SURYA

ERLYN, TRI UTAMI and Teja, Dwi Sutanto and Eni, Widiyati (2023) PENGUJIAN AKTIVITAS TABIR SURYA EKSTRAK ETANOL DAUN MATOA (Pometia pinnata) DAN EKSTRAK ETANOL DAUN MANGGA ARUM MANIS (Mangifera indica L. var arum manis) SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AKTIF KRIM TABIR SURYA. Masters thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis S2 Kimia)
Erlyn Tri Utami_F2B019004_S2 Kimia - Erlyn Tri utami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas tabir surya ekstrak etanol daun matoa (Pometia pinnata) dan ekstrak etanol daun mangga arum manis (Mangifera indica L. var arum manis) serta dimanfaatkan sebagai bahan aktif krim tabir surya. Ekstrak etanol daun matoa dan ekstrak etanol daun mangga diuji kandungan fitokimia dan spektrum serapannya. Krim tabir surya dibuat dengan mengemulsikan fase air (gliserin, akuades, trietanolamin dan metil paraben) dan fase minyak (asam stearat, lanolin, setil alcohol, VCO dan propil paraben). Krim tabir surya dibuat dengan 4 variasi % b/b bahan aktif yang berbeda. Variasi pertama yaitu dengan % b/b ekstrak etanol daun matoa 1%, 2% dan 3%. Variasi kedua yaitu dengan % b/b ektrak etanol daun mangga 1%, 2% dan 3%. Variasi ketiga yaitu dengan % b/b campuran ektrak etanol daun matoa dan daun mangga masing – masing 2,5% - 0,5% dan 2% - 1%. Variasi keempat yaitu dengan % b/b campuran ektrak etanol daun mangga dan daun matoa masing – masing 2,5% - 0,5% dan 2% - 1%. Krim yang telah dibuat dianalisis sifat-sifatnya seperti pH, homogenitas dan viskositas, serta uji in vitro nilai Sun Protection Factor (SPF). Nilai absorbansi yang dihasilkan digunakan untuk menghitung nilai SPF menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Mansur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam ekstrak etanol daun matoa dan daun mangga positif mengandung senyawa metabolit sekunder flavonoid dan fenolik. Ekstrak etanol daun matoa dan ekstrak etanol daun mangga memiliki aktivitas tabir surya dengan proteksi sedang. Semakin tinggi konsentrasi ekstrak etanol daun matoa dan ekstrak etanol daun mangga yang ditambahkan pada krim, maka nilai SPF semakin tinggi. Nilai maksimun SPF yang diperoleh sebesar 4,79. Kata Kunci : Ekstrak Etanol Daun Matoa, Ekstrak Etanol Daun Mangga, Krim Tabir Surya, Sun Protection Factor (SPF)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 27 May 2024 07:20
Last Modified: 27 May 2024 07:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18134

Actions (login required)

View Item View Item