IDENTIFIKASI PENGARUH CURAH HUJAN DAN PASANG SURUT TERHADAP BANJIR DI WILAYAH RAWA MAKMUR KOTA BENGKULU (STUDI KASUS : BANJIR 26-27 APRIL 2019 DAN 30 AGUSTUS 2022)

BINTANG, ANGGITA FUTRI RUMAHORBO and Lizalidiawati, Lizalidiawati and Suwarsono, Suwarsono (2023) IDENTIFIKASI PENGARUH CURAH HUJAN DAN PASANG SURUT TERHADAP BANJIR DI WILAYAH RAWA MAKMUR KOTA BENGKULU (STUDI KASUS : BANJIR 26-27 APRIL 2019 DAN 30 AGUSTUS 2022). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
skripsi bintang - Bintang Anggita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di daerah yang rawan terhadap kejadian banjir. Sehingga dapat mengetahui pengaruh kondisi curah hujan dan kondisi pasang surut air laut terhadap kejadian banjir besar di wilayah Rawa Makmur. Perbandingan antara dua kejadian banjir besar memperlihatkan adanya beberapa parameter yang mempengaruhi kejadian tersebut. Studi kasus pada penelitian ini yaitu pada tanggal 26 dan 27 April 2019 serta 30 Agustus 2022. Data yang digunakan berupa data sekunder dari BMKG Pulai Baai dengan stasiun pengamatan Muara Bangkahulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis secara statistik menggunakan Software SPSS dan Microsoft Excel. Hasil penelitian berupa grafik menunjukkan pengaruh intensitas curah hujan dan pasang surut air laut terhadap kejadian banjir di Rawa Makmur. Pada Bulan April 2019 terdapat pengaruh pasut dan intensitas curah hujan (secara bersama-sama) terhadap banjir di Rawa Makmur dengan nilai koefisien determinasi yang ditunjukkan oleh

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 28 May 2024 03:03
Last Modified: 28 May 2024 03:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18163

Actions (login required)

View Item View Item