IDENTIFIKASI ARUS DAN PASANG SURUT PADA MUARA SUNGAI YANG BERBEDA BENTUK (STUDI KASUS : MUARA SUNGAI AIR RAMI DAN MUARA SUNGAI SELAGAN JAYA).

DEA, APRILIANI and Supriyati, Rochmah and Suwarsono, Suwarsono (2023) IDENTIFIKASI ARUS DAN PASANG SURUT PADA MUARA SUNGAI YANG BERBEDA BENTUK (STUDI KASUS : MUARA SUNGAI AIR RAMI DAN MUARA SUNGAI SELAGAN JAYA). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Dea_Apriliani_F1C019040_Fisika_MIPA - Hestyna Ep.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya merupakan muara sungai yang berbeda bentuk, dari perbedaan bentuk pada kedua muara ini maka berbeda pula aktivitas arus dan pasang surut. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi arus dan pasang surut pada muara sungai yang berbeda bentuk yaitu Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya. Metode yang digunakan adalah pengukuran langsung di lapangan berupa data arus, pasang surut, dan sedimentasi, serta data sekunder pasut dari TMD. Hasil penelitan menunjukan bahwa Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya memiliki tipe pasang surut campuran condong ke harian ganda dengan bilang formzhal 0,509 di Muara Sungai Air Rami dan 0,491 di Muara Sungai Selagan Jaya. Pasang maksimum pada Muara Sungai Air Rami sebesar 0,873 m dan surut maksimum sebesar 0,127 m pasut rata rata sebesar 0,381 m. Sedangkan pasang maksimum pada Muara Sungai Selagan Jaya sebesar 0,604 m dan surut maksimum sebesar 0,011 m pasut rata rata sebesar 0,230m, dan untuk arus pasang pada Muara Sungai Air Rami berkisar 0,206 m/s - 1,066 m/s arus surut berkisar 0,127 m/s - 0,793 m/s. Sedangkan arus pasang pada Muara Sungai Selagan Jaya berkisar 0,193 m/s – 1 m/s dan arus surut berkisar 0,127 m/s - 0,307 m/s, dan untuk sedimen pada Muara Sungai Air Rami dominan memiliki jenis sedimen pasir sangat halus dengan rata rata berat jenis sedimen sebesar 2,587 g/cm3 , Sedangkan sedimen pada Muara Sungai Selagan Jaya dominan memiliki jenis sedimen pasir sangat halus dengan rata rata berat jenis sedimen sebesar 2,590 g/cm3 . Arus dan pasang surut pada kedua muara sungai ini memiliki perbedaan, yaitu pada Muara Sungai Air Rami arus dan pasang surutnya lebih besar dari pada Muara Sungai Selagan Jaya, hal ini disebabkan oleh berbedanya kondisi lingkungan pada Muara Sungai Air Rami dan Muara Sungai Selagan Jaya. Kata kunci: muara, pasang surut, arus pasut, ramalan TMD, Muara Sungai Air Rami, Muara Sungai Selagan Jaya

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 28 May 2024 03:49
Last Modified: 28 May 2024 03:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18180

Actions (login required)

View Item View Item