OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PENJUALAN DAMAR DENGAN PENDEKATAN PEMROGRAMAN DINAMIS (Studi Kasus : Pengepul Damar di Desa Pahmungan, Krui Lampung)

UTAMI, DIAN and Fanani, Haryo Widodo and Ulfasari, Rafflesia (2018) OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PENJUALAN DAMAR DENGAN PENDEKATAN PEMROGRAMAN DINAMIS (Studi Kasus : Pengepul Damar di Desa Pahmungan, Krui Lampung). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas optimalisasi keuntungan penjualan damar dengan pemrograman dinamis. Damar merupakan komoditas terbesar yang ada di Lampung, mengharuskan pengepul damar memperbaiki metode penjualan damar supaya rantai ekonomi masyarakat tidak terpengaruh oleh krisis ekonomi yang sedang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan model pemrograman dinamis yang dapat digunakan untuk pengepul damar guna menentukan total biaya minimum penyusunan rencana penjualan damar satu tahun mendatang. Langkah awal yang digunakan dalam perencanaan penjualan damar adalah memperkirakan jumlah permintaan damar yang dilihat dari rata-rata jumlah permintaan penjualan pada periode 3 tahun sebelumnya. Implementasi pemrograman dinamis pada kasus menuntut pembagian permasalahan menjadi 12 tahapan karena periode bulanan pada satu tahun ke depan. Total biaya minimum pembelian damar dari hasil perhitungan adalah Rp.556.563.600. Kata Kunci: Perencanaan penjualan damar, Optimalisasi, Permintaan, Pemrograman dinamis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 18 Apr 2019 08:35
Last Modified: 18 Apr 2019 08:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18180

Actions (login required)

View Item View Item